Analisis Motivasi Instrinsik Dan Ekstrinsik Siswa Kelas XI 12 Memilih Peminatan Bahasa Jepang Di SMAN 1 Kepanjen.

Fauziah, Fatma and Ulfah Sutiyarti, S.Pd., M.Pd. (2023) Analisis Motivasi Instrinsik Dan Ekstrinsik Siswa Kelas XI 12 Memilih Peminatan Bahasa Jepang Di SMAN 1 Kepanjen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu bagaimana motivasi instrinsik dan ekstrinsik mempengaruhi siswa kelas XI 12 dalam memilih peminatan Bahasa Jepang di SMAN 1 Kepanjen. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Data diperoleh melalui penyebaran angket kepada 25 sisiwa kelas XI 12 yang memilih peminatan Bahasa Jepang tahun ajaran 2023/2024. Hasil dari penelitian ini adalah ada beberapa faktor motivasi instrinsik dan faktor motivasi ekstrinsik yang menjadi alasan siswa kelas XI 12 memilih peminatan Bahasa Jepang. Faktor motivasi instrinsik diantaranya ada faktor suka, minat dan keinginan, kondisi tubuh, kesanggupan diri, manfaat untuk masa depan, menyukai budaya Jepang, keinginan pergi ke Jepang, menyukai bahasa asing, dan melanjutkan studi bahasa Jepang. Faktor motivasi instrinsik tertinggi adalah keinginan untuk pergi ke Jepang sebanyak 90% dalam kategori sangat baik. Kemudian faktor motivasi ekstrinsik diantaranya ada faktor peluang kerja di perusahaan Jepang, dorongan dari orang tua/keluarga, dorongan dari guru, dorongan dari teman, dan dorongan dari komunitas. Faktor motivasi ekstrinsik paling tinggi adalah peluang kerja di Jepang sebanyak 71% dalam kategori baik. Dari kedua faktor tersebut, faktor instrinsik menjadi faktor yang lebih mendominasi daripada faktor ekstrinsik.

Other obstract

本研究の目的は第 1 ケパンジェン高等学校の XI.12 クラスの生徒に よる日本語の専門分野の選択に内発的動機づけと外発的動機づけが及ぼす 影響を明らかにすることであります。 本研究の方法は記述的量的研究であ ります。データは 2023/2024 年度に日本語を専門に選択した XI.12 年生 25 人にアンケートを配布して得た。本研究の結果、 XI.12 年生の生徒が日本 語の専門分野を選択する理由には、いくつかの内発的動機づけ要因と外発 的動機づけ要因があることがわかった。内発的動機づけ要因には、好きな こと、興味、欲求、体調、自己能力、将来への利益、日本文化が好き、日 本に行きたい、外国語が好き、日本語の勉強を続ける、などがあります。 最も高い内発的動機づけ要因は、日本に行きたいという願望で、 90%が優 秀なカテゴリーに属しています。次に外発的動機づけ要因としては、日本 企業での就職機会、両親・家族からの励まし、教師からの励まし、友人か らの励まし、地域社会からの励ましなどが挙げられます。外発的動機付け の要因として最も高いのは、日本での仕事の機会で、 71%が良い部類に入 る。この 2 つの要因のうち、外在的要因よりも内在的要因の方が支配的で あります。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: Analisis motivasi, Peminatan Bahasa Jepang.
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 29 Jan 2024 06:26
Last Modified: 29 Jan 2024 06:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214585
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fatma Fauziah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item