Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantu Media Ubur-Ubur Penunjuk Terhadap Keaktifan Siswa pada Materi Menganalisis Teks Anekdot

Maulfi Syaiful Rizal, M.Pd (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantu Media Ubur-Ubur Penunjuk Terhadap Keaktifan Siswa pada Materi Menganalisis Teks Anekdot. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantu media ubur-ubur penununjuk terhadap keaktifan belajar siswa pada materi teks anekdot pada siswa kelas X di SMA Brawijaya Smart School. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitiannya adalah Quasi Eksperiment (eksperimen semu). Sampel dalam penelitian ini terdiri dua kelas yakni kelas eksperimen sebanyak 32 siswa di kelas X2 dan kelas kontrol sebanyak 32 siswa di kelas X1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi dan angket/ kuisioner, sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik analisis data deskruptif dan analisis data inferensial yang meliputi perhitungan uji normalitas data, uji homogenitas data, uji hipotesis statistik dengan teknik uji independent sample t-test dan analisis skor Ngain. Adapun hasil penelitian ini yaitu guru sudah mampu menerapkan model pembelajaran TGT berbantu media ubur-ubur penunjuk dengan sangat baik, hal tersebut dibuktikan dengan hasil rata-rata nilai analisis angket aktivitas guru sebesar 3,218 dengan kategori “sangat tinggi” dan hasil observasi aktivitas guru juga menunjukkan rata-rata sebesar 3, 53 dengan kategori “sangat tinggi”. Penerapan model pembelajaran tersebut terdiri dari tiga tahapan yakni tahapan persiapan pembelajaran, pelaksanaan atau penerapan model pembelajaran TGT, serta tahap evaluasi pembelajan dengan model TGT berbantu media ubur-ubur penunjuk. Tidak hanya itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran TGT berbantu media ubur-ubur penunjuk terhadap keaktifan belajar siswa yang dibuktikan dengan hasil uji- T atau uji hipotesis memiliki nilai signifikansi (sig.2- tailed) yakni 000, dan karena 0,000 < 0, 05 maka diputuskan bahwa Hipotesis Nihil (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (H1) diterima. Hasil tersebut juga diperkuat dengan selisih nilai rata-rata pretes-postes kelas eksperimen sebesar 5,0312, sedangkan pada kelas kontrol selisih nilai rata-rata pretes-postes hanya sebesar 0,562, artinya siswa kelas eksperimen lebih aktif jika dibandingkan siswa kelas kontrol.

English Abstract

This research aims to describe the application and influence of the Teams Games Tournament (TGT) learning model assisted by pointing jellyfish media on students' active learning in anecdotal text material in class X students at SMA Brawijaya Smart School. This type of research is experimental research with the research design being Quasi Experimental. The sample in this study consisted of two classes, namely the experimental class of 32 students in class X2 and the control class of 32 students in class X1. Data collection techniques in this research were carried out using observation and questionnaires. Meanwhile, the data analysis techniques used in this research are descriptive data analysis techniques and inferential data analysis which include calculating data normality tests, data homogeneity tests, statistical hypothesis testing using independent sample t-test techniques and N-gain score analysis. The results of this research are that teachers have been able to apply the TGT learning model assisted by pointing jellyfish media very well, this is proven by the results of the average teacher activity questionnaire analysis score of 3.218 in the "very high" category and the results of teacher activity observations also show The average is 3.53 in the "very high" category. The implementation of this learning model consists of three stages, namely the learning preparation stage, implementation or implementation of the TGT learning model, and the learning evaluation stage using the TGT model assisted by pointing jellyfish media. Not only that, the results of this research also show that there is an influence of the TGT learning model assisted by pointing jellyfish media on students' learning activity as proven by the results of the t-test or hypothesis test which has a significance value (sig.2-tailed) namely 000, and because 0.000 < 0.05 then it is decided that the Null Hypothesis (H0) is rejected and the Alternative Hypothesis (H1) is accepted. These results are also strengthened by the difference in the average pretest-posttest score for the experimental class of 5.0312, whereas in the control class the difference in the average pretest-posttest score is only 0.562, meaning that experimental class students are more active than control class students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran TGT, Media Ubur-Ubur Penunjuk, Keaktifan Belaja-TGT Learning Model, Pointing Jellyfish Media, Learning Activeness
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Emy Sukartini
Date Deposited: 29 Jan 2024 05:52
Last Modified: 29 Jan 2024 05:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214573
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
CAHYANI ILMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item