DWI CAHYANI, ANGGHI and Lintang Edityastono, S.AB., M.AB (2023) Prosedur Penerimaan Barang pada PT. Lotte Shopping Indonesia Surabaya. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dengan banyaknya perusahaan yang sudah berkembang dalam bidang bisnis perdagangan atau jasa terutama pada bisnis ritel mulai dari yang berskala kecil (mikro) seperti minimarket hingga yang berskala besar (makro) seperti supermarket harus didukung dengan adanya pengendalian internal yang baik,. Dan penerimaan barang pada perusahaan merupakan suatu proses awal dalam berbisnis untuk menjalankan kegiatan perusahaan, perusahaan harus memiliki prosedur dalam pengelolaannya. Untuk mengetahui dan memastikan apakah prosedur sudah dijalankan dengan baik atau tidak, maka perusahaan membutuhkan suatu pengendalian internal yang baik juga, jika pengendalian internal di suatu perusahaan sudah sesuai dengan prosedur yang telah dibuat, maka terjadinya kecurangan atau kesalahan yang bisa mengakibatkan kerugian terhadap perusahaan dalam jangka waktu pendek maupun jangka waktu panjang sangat kecil kemungkinannya. Salah satunya pengendalian internal yaitu pada prosedur penerimaan barang yang diterapkan oleh PT. Lotte Shopping Indonesia Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur penerimaan barang pada PT. Lotte Shopping Indonesia Surabaya serta untuk mengetahui pelaksanaan prosedur penerimaan barang pada PT. Lotte Shopping Indonesia Surabaya dalam upaya mendukung pengendalian internal yang memadai. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan pada hasil pembahasan, terdapat kelemahan yang dapat mempengaruhi pengendalian internal yaitu pada SDM-nya yang kurang teliti dalam prosedur penerimaan barang dan bisa menyebabkan adanya ketidaksesuaian antara data dan fisik barang. Serta adanya PO (Purchase Order) yang sudah mati atau masa aktifnya habis, dan supplier tetap mengirim barangnya tanpa melakukan konfirmasi ke pihak ordering terlebih dahulu dan barang terlanjur di GR (Goods Receiving). Dari hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa pengendalian internal yang ada pada PT. Lotte Shopping Indonesia Surabaya belum memadai karena masih terdapat unsur-unsur pengendalian internal penerimaan barang yang belum berjalan dengan efektif dengan sepenuhnya.
English Abstract
With so many companies that have developed in the field of trade or service business, especially in retail businesses ranging from small-scale (micro) such as minimarkets to large-scale (macro) such as supermarkets must be supported by good internal control. And the receipt of goods at the company is an initial process in doing business to carry out company activities, the company must have procedures in its management. To find out and ascertain whether the procedures have been carried out properly or not, the company needs a good internal control as well, if the internal control in a company is in accordance with the procedures that have been made, then the occurrence of fraud or errors that can cause losses to the company in the short and long term is very unlikely. One of them is internal control, namely on the procedure for receiving goods applied by PT. Lotte Shopping Indonesia Surabaya. This study aims to determine the procedure for receiving goods at PT. Lotte Shopping Indonesia Surabaya and to find out the implementation of goods receipt procedures at PT. Lotte Shopping Indonesia Surabaya in an effort to support adequate internal control. The research method used is a type of descriptive research with a qualitative approach. Based on the results of the discussion, there are weaknesses that can affect internal control, namely in human resources that are less thorough in the procedure for receiving goods and can cause a discrepancy between data and physical goods. As well as the existence of PO (Purchase Order) that is dead or the active period has expired, and the supplier continues to send the goods without confirming to the ordering party first and the goods are already in GR (Goods Receiving). From the results of the study, it can be concluded that the internal control that exists at PT. Lotte Shopping Indonesia Surabaya is not adequate because there are still elements of internal control of goods receipts that have not run fully effectively.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052317 |
Uncontrolled Keywords: | Prosedur Penerimaan Barang, Pengendalian Internal, Goods Receipt Procedure, Internal Control |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 30 Jan 2024 02:57 |
Last Modified: | 30 Jan 2024 02:57 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214556 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Angghi Dwi Cahyani.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |