Perancangan Visual Book Bioetanol Tebu Sebagai Media Pengenalan Bauran Energi Terbarukan Untuk Remaja

DIKA SETIYAWATI, ANGGE and Citra Dewi Megawati, S.Sn., M.T (2023) Perancangan Visual Book Bioetanol Tebu Sebagai Media Pengenalan Bauran Energi Terbarukan Untuk Remaja. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam kehidupan manusia, untuk menjalankan aktivitas guna menambah perkembangan ekonomi tentunya membutuhkan sebuah energi. Energi merupakan aspek yang penting. Selama ini kita bergantung pada energi fosil untuk bahan baku utama sedangkan ketersediaan bahan bakar fosil jumlahnya terbatas. Perlu adanya penanaman kesadaran kepada masyarakat terutama usia (16-25 tahun) untuk ikut serta dalam ketahanan energi, Indonesia memiliki potensi energi baru terbarukan (EBT) dengan potensi yang cukup besar, upaya dilakukan untuk mengembangkan energi terbarukan seperti biomassa adalah mendorong pemanfaatan limbah industri pertanian dan kehutanan sebagai sumber energi. Buku visual dinilai cocok dijadikan media edukasi untuk masyarakat awam. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan perancangan buku visual sebagai media edukasi bioetanol tebu sebagai pengenalan bauran energi terbarukan untuk remaja usia (16-25 tahun). Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Luaran dari penelitian ini berupa buku visual berjudul “Kenali Aku Sebagai Energi Terbarukan Bioetanol Tebu” dilengkapi dengan media pendukung. Masa remaja merupakan masa peralihan dimana usia ini cocok untuk melakukan perubahan dan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dengan menghemat energi utama. Dengan adanya buku visual “Kenali Aku Sebagai Energi Terbarukan Bioetanol Tebu” ini menjadi salah satu metode belajar anak yang menarik untuk menambah pengetahuan mengenai energi terbarukan seperti bioetanol tebu.

English Abstract

In human life, to do an activity to increase economic development requires energy. Energy is an important aspect. So far, we depend on fossil energy for the main raw material while the availability of fossil fuels is limited. It is necessary to instill awareness to the society, especially the age (16-25 years) to participate in energy resilience, Indonesia has the potential for new renewable energy (EBT) with considerable potential, efforts are made to develop renewable energy such as biomass is to encourage the utilization of agricultural and forestry industry waste as an energy source. Visual books are suitable as educational media for common people. Therefore, research was conducted by designing a visual book as an educational media for sugarcane bioethanol as an introduction to renewable energy for teenagers aged (16-25 years). This research used quantitative and qualitative methods by collecting data through observation, interviews and questionnaires. The output of this research is a visual book entitled "Recognize Me as Sugarcane Bioethanol Renewable Energy" which is equipped with supporting media. Adolescence is a transitional period where this age is suitable for making changes and awareness of the importance for protecting the environment by saving the main energy. With this visual book "Recognize Me as Sugarcane Bioethanol Renewable Energy" it becomes one of the interesting learning methods for children to increase knowledge about renewable energy such as sugarcane bioethanol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052317
Uncontrolled Keywords: Bioenergi, bioetanol tebu, energi terbarukan, ketahanan energi, Bioenergy, energy resilience, Renewable energy, sugarcane bioethanol
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:56
Last Modified: 30 Jan 2024 02:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214552
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Angge Dika Setiyawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item