Iyai, Emeliana and Maulfi Syaiful Rizal, S.Pd., M.Pd. (2023) Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Ahaimaga Pigihaimaga Suku Mee Provinsi Papua Tengah. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dalam penelitian adalah nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Ahaimaga Pigihaimaga Suku Mee Provinsi Papua Tengah, Pendidikan Karakter adalah upaya sadar dan sungguh-sungguh dari guru dan orang tua untuk mengajarkan nilai-nilai dasar yang membangun pribadi seseorang, baik karena pengaruh hereditas maupun pengaruh lingkungan, yang membedakannya dengan orang lain, serta diwujudkan dalam sikap dan perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik pustaka. Pada penelitian ini, instrumen yang digunakan adalah nilai-nilai pendidikan karakter dan struktur cerita rakyat dalam cerita rakyat Aihaimaga Pigihaimaga Suku Mee Provinsi Papua Tengah. Hasil penelitian ini membahas Nilai-nilai pendidikan karakter dan struktur cerita rakyat Aihaimaga Pigihaimaga Suku Mee Provinsi Papua Tengah. Dalam hasil struktur cerita rakyat yaitu Orientasi, komplikasi, Resolusi dan koda sedangkan nilai pendidikan karakter terdapat enam nilai pendidikan karater dalam cerita rakyat Aihaimaga Pigihaimaga Suku Mee yaitu nilai kejujuran, nilai kepedulian, nilai kerja keras, nilai tanggungjawab, nilai mandiri dan nilai rasa ingin tahu.
English Abstract
The aim of the research is the value of character education in the Ahaimaga Pigihaimaga folklore of the Mee Tribe, Central Papua Province. Character Education is a conscious and serious effort by teachers and parents to teach basic values that build a person's personality, both due to the influence of heredity and environmental influences. , which differentiates him from other people, and is manifested in his attitudes and behavior in everyday life. This type of research is descriptive research with a qualitative approach. Data collection techniques in this research used observation, interview, documentation and library techniques. In this research, the instruments used were character education values and folklore structures in the Aihaimaga Pigihaimaga folklore of the Mee Tribe, Central Papua Province. The results of this research discuss the values of character education and the structure of the Aihaimaga Pigihaimaga folklore of the Mee Tribe, Central Papua Province. The results of the folklore structure are orientation, complication, resolution and coda, while the character education values contain six character education values in the Aihaimaga Pigihaimaga Mee Tribe folklore, namely the value of honesty, the value of caring, the value of hard work, the value of responsibility, the value of independence and the value of curiosity.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052312 |
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Karakter, Cerita Rakyat, Value of Character Education, Folklore. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Zainul Mustofa |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 02:55 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 02:55 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214507 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
EMELIANA IYAI.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |