Analisis Kinerja Karyawan Purchasing Dalam Pengadaan Barang Di Hotel Grand Mercure Malang Mirama

Helga Kirana, Alysia and Dr. Dini Kurnia IrmawatiDr. Dini Kurnia Irmawati, S.Pd., M.Pd (2023) Analisis Kinerja Karyawan Purchasing Dalam Pengadaan Barang Di Hotel Grand Mercure Malang Mirama. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hotel dikenal luas sebagai tempat usaha yang beroperasi selama 24 jam dengan menawarkan dan menjual produk hotel seperti kamar, makanan, dan fasilitas. Salah satu bagian pada hotel yang memegang peranan penting yaitu bagian pembelian barang (purchasing). Purchasing Departemen bertugas memenuhi semua kebutuhan departemen hotel dengan menerapkan sistem dan prosedur yang sudah ditentukan. Pada prinsipnya "harga yang tepat, kuantitas yang tepat, waktu yang tepat, tempat yang tepat, kualitas yang tepat, dan sumber yang tepat. Adapunt ruang lingkup dilakukannya penelitian ini yaitu menjadikan hotel Grand Mercure Malang Mirama sebagai fokus penelitian. Berdasarkan pemaparan inilah yang melatar belakangi penelitian berjudul “Analisis Kinerja Karyawan Purchasing Departemen dalam Pengadaan Barang di Hotel Grand Mercure Malang Mirama.” Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode analisis yang diterapkan dalam penelitian ini berupa analisis deskriptif dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, meskipun SOP telah ditetapkan, hotel menghadapi tantangan selama proses pengadaan barang. Permintaan pembelian mendadak, kesalahan dalam pesanan dari departemen lain, dan proses input faktur yang kurang optimal adalah beberapa hambatan yang diidentifikasi. Untuk mengatasi tantangan ini, hotel berfokus pada praktik pengendalian internal, seperti pelatihan karyawan, prosedur yang jelas, dan audit rutin dalam siklus pembelian. Tujuan hotel adalah untuk menjaga kualitas produknya dan meningkatkan profitabilitas secara keseluruhan. Sebagai kesimpulan, dengan menerapkan SOP dan mengatasi tantangan melalui praktik pengendalian internal hotel, bertujuan supaya memaksimalkan efisiensi dan efektivitas proses pengadaan barang. Untuk meningkatkan kelancaran operasional, penambahan staf Admin Pembelian di Departemen Pembelian dianggap perlu.

English Abstract

Hotels are widely known as business places that operate 24 hours by offering and selling hotel products such as rooms, food and facilities. One part of the hotel that plays an important role is the purchasing department. The Purchasing Department is tasked with meeting all hotel department needs by implementing predetermined systems and procedures. In principle, "the right price, the right quantity, the right time, the right place, the right quality and the right source. The scope of this research is to make the Grand Mercure Malang Mirama hotel the focus of the research. Based on this explanation, the background behind the research entitled "Performance Analysis of Purchasing Department Employees in Procurement of Goods at the Grand Mercure Malang Mirama Hotel." This research uses qualitative research methods with a descriptive approach. The analytical method applied in this research is descriptive analysis by carrying out data reduction, presenting data, and drawing conclusions. Based on the research results, even though SOPs have been established, hotels face challenges during the procurement process. Surprise purchase requests, errors in orders from other departments, and suboptimal invoice input processes were some of the obstacles identified. To overcome these challenges, hotels focus on internal control practices, such as employee training, clear procedures, and regular audits in the purchasing cycle. The hotel's goal is to maintain the quality of its products and increase overall profitability. In conclusion, by implementing SOPs and overcoming challenges through hotel internal control practices, the aim is to maximize the efficiency and effectiveness of the goods procurement process. To improve operational smoothness, additional Purchasing Admin staff in the Purchasing Department is deemed necessary.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052317
Uncontrolled Keywords: Kinerja Karyawan, Purchasing, Pengadaan Barang, Employee Performance, Purchasing, Procurement
Divisions: Program Vokasi > D4 Manajemen Perhotelan
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:56
Last Modified: 20 Jun 2024 07:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214506
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alysia Helga Kirana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item