Penafsiran Dekonstruktif Cerita Pendek Tanatosu No Yuuwaku Karya Mayo Hoshino.

Melati, Divany Nadya and Yohanes Padmo Adi Nugroho, S.S., M.Hum. (2023) Penafsiran Dekonstruktif Cerita Pendek Tanatosu No Yuuwaku Karya Mayo Hoshino. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penafsiran secara dekonstruktif pada cerita pendek berjudul Tanatosu No Yuuwaku karya Mayo Hoshino menggunakan langkah-langkah Dekonstruktif Deridda. Cerpen ini mengisahkan cerita tragis antara kedua tokohnya, yaitu si tokoh utama dan si perempuan yang mengakhiri kehidupan mereka sendiri di dunia demi mencapai kebersamaan di kehidupan lain. Adapun langkah-langkah yang digunakan sejauh dijabarkan oleh Haryatmoko diantaranya, menentukan pusat teks dan konsep (undécidable), membongkar ideologi teks (logika biner), membalikan hierarki metafisik, dan disseminasi (penyebaran makna). Penelitian ini adalah penelitian sastra yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian sastra ini memakai metode hermeneutika radikal, yang merupakan sebuah interpretasi teks yang dilakukan secara radikal, atau secara khusus bisa disebut Dekonstruksi Derrida. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah cerita pendek Tanatosu no Yuuwaku. Penelitian ini hanya memakai data-data tekstual sejauh ada pada teks cerita pendek Tanatosu no Yuuwaku. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa cerita pendek ini menunjukan sisi egois dari si tokoh utama dibandingkan pengorbanannya. Si tokoh utama merasa dia tidak akan bisa hidup tanpa si perempuan di sisinya, meskipun itu membuat dirinya menghilangkan nyawa, baginya tidak apa-apa melakukan bunuh diri, asalkan tokoh utama selalu bersama dengan si perempuan.

Other obstract

本研究は、デリダの脱構築的手法を用いて、星野真夜の短編小説『タナ トスの誘惑』の脱構築的解釈を明らかにすることを目的としている。本短 編は、別の人生で一体性を達成するために地上での生涯を終えた主人公と 女性という二人の人物の間の悲劇的な物語を語る。ハリヤトモコが説明す るように使用される手順には、テキストと概念の中心の決定(決定不能)、 テキストのイデオロギーの解体(二値論理)、形而上学的階層の逆転、普 及(意味の拡散)が含まれる。 本研究は質的記述法を用いた文学研究である。この文学研究は、テクス トの根本的な解釈であるラディカル解釈学の手法、具体的にはデリダの脱 構築と呼ばれるものを使用している。今回のデータソースは短編小説『タ ナトスの誘惑』である。本研究では、短編小説『タナトスの誘惑』のテキ ストに存在するテキストデータのみを使用している。 本研究の結果、本短編は主人公の犠牲に比べて利己的な側面を示してい ることが明らかになった。主人公は、その女性がそばにいないと生きてい けない、たとえ命を失っても、主人公が常に女性と一緒にいる限り、自殺 しても構わない、と感じている。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: thanatos, eros, shinigami, dekonstruksi.
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 29 Jan 2024 02:05
Last Modified: 29 Jan 2024 02:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214482
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
DIVANY NADYA MELATI.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item