VIKA REZANANDA, AINIDA and Dr. Drs. Dwiatmanto, M.Si (2023) Analisis Prosedur Klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan prosedur klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang dengan Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2015 serta kendala yang terjadi dalam proses klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi di bidang pelayanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan prosedur klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang belum sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Prosedur klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) meliputi laporan tahap I, laporan tahap II, penetapan jaminan, dan pembayaran jaminan. Pada laporan tahap I dan laporan tahap II, terdapat tenaga kerja yang mengirimkan berkas melebihi waktu yang telah ditentukan sehingga proses klaim menjadi tertunda. Kendala yang terjadi dalam proses klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) pada BPJS Ketenagakerjaan Cabang Malang yaitu laporan kecelakaan kerja tidak valid, berkas pengajuan klaim tidak lengkap, dan berkas laporan dikirimkan melebihi waktu yang telah ditentukan.
English Abstract
This study aims to analyze the implementation of the Occupational Accident Insurance (JKK) claim procedure at the Employment BPJS Malang Branch with Government Regulation Number 44 of 2015 and the obstacles that occur in the Occupational Accident Insurance (JKK) claim process at the Malang Branch Employment BPJS. This study uses a qualitative approach method. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation in the service sector. The results of the study show that the implementation of the Occupational Accident Benefit (JKK) claim procedure at the Malang Branch of Employment BPJS is not in accordance with Government Regulation Number 44 of 2015 concerning the Implementation of Work Accident and Death Benefit Programs. The Work Accident Insurance (JKK) claim procedure includes phase I reports, phase II reports, determination of guarantees, and payment of guarantees. In the phase I report and phase II report, there were workers who sent files beyond the allotted time so that the claim process was delayed. Obstacles that occur in the process of claiming Occupational Accident Insurance (JKK) at the Malang Branch of Employment BPJS, namely invalid work accident reports, incomplete claim files, and report files sent beyond the specified time.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052317 |
Uncontrolled Keywords: | Prosedur, Klaim, Jaminan Kecelakaan Kerja, Procedure, Claim, Work Accident Insurance |
Divisions: | Program Vokasi > D3 Administrasi Bisnis |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 02:03 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 02:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214453 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ainida Vika Rezananda.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |