Perancangan Board Game Keluarga Sebagai Media Untuk Meningkatkan Keakraban Keluarga

SHABIRA YAVIE, Aisyah and Citra Dewi Megawati, S.Sn., M.T (2023) Perancangan Board Game Keluarga Sebagai Media Untuk Meningkatkan Keakraban Keluarga. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kebanyakan saat ini, orang tua disibukkan dengan pekerjaan dan tidak jarang hubungan antara anak dan orang tua menjadi renggang. Kurangnya kesadaran orang tua akan pentingnya meluangkan waktu bersama anak juga bisa menjadi salah satu faktor yang sering diabaikan. Dalam hal ini, didapatkan banyak mereka yang bekerja lebih dari 8 jam perhari dan lembur lebih dari dua kali seminggu. Terlihat bahwa orang tua pekerja memiliki waktu yang sangat sedikit, dan hanya memiliki waktu untuk berkumpul bersama keluarga pada akhir pekan dan hari libur. Dengan demikian media interaktif family board game ini dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan keakraban antara anak dan orang tua. Board game dapat menjadi media yang efektif karena sifatnya yang interaktif, edukatif, informatif, deskriptif, dan ilustratif. Antara lain membuat pemain berkomunikasi secara tidak langsung dan menciptakan taktik, analisis, dan kreativitas dalam berpikir. Oleh karena itu, konsep desain dan mekanisme permainan dari board game harus diperhatikan. Permainan papan Ular Tangga bertema “truth or dare” ini hadir dengan dengan media pendukung kartu dengan tema ini menyediakan pertanyaan dan tantangan dan dikemas dengan cara yang menyenangkan untuk menambah ikatan orangtua-anak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik kuesioner, observasi, dan wawancara. Media interaktif board game ini efektif di kalangan orang tua dan anak karena mendapat tanggapan positif dalam hal desain, kualitas informasi, dan penangkapan edukasi.

English Abstract

These days, most parents are busy with work and it is not uncommon for the relationship between children and parents to become strained. Lack of parental awareness of the importance of spending time with children can also be a factor that is often overlooked. In this case, there are many people who work more than 8 hours a day and overtime more than twice a week. It can be seen that working parents have very little time and can only spend time with their family on weekends and holidays. Thus, this interactive family board game media can be an effort to increase familiarity between children and parents. Board games can be an effective medium because of their interactive, educational, informative, descriptive, and illustrative nature. Among other things, players communicate indirectly and develop tactics, analysis, and creative thinking. Therefore, the design concept and game mechanics of board games must be considered. This "Truth or Dare" themed Snakes and Ladders board game comes with card support media with this theme providing questions and challenges and is packaged in a fun way to add to the parent-child bond. This research uses both quantitative and qualitative methods. Data was collected through questionnaire, observation and interview techniques. This interactive media board game is effective among parents and children because it gets positive responses in terms of design, quality of information, and educational capture.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052317
Uncontrolled Keywords: Board Game, Keakraban Keluarga, Media Interaktif, Ular Tangga, Family Intimacy, Interactive Media, Snakes and Ladders
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:44
Last Modified: 29 Jan 2024 01:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214451
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aisyah Shabira Yavie.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Actions (login required)

View Item View Item