Perancangan Videografi Sebagai Media Promosi Kedai Kedung Grojog Untuk Meningkatkan Brand Awareness

Anugrah Maulana, Alam and Citra Dewi Megawati, S.Sn.,MT (2023) Perancangan Videografi Sebagai Media Promosi Kedai Kedung Grojog Untuk Meningkatkan Brand Awareness. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kedai Kedung Grojog merupakan kedai kopi yang telah berdiri pada tahun 2021 dan berlokasi di Kabupaten Bojonegoro. Lokasi dari Kedai Kedung Grojog sendiri berada di jalur lintas kabupaten yang jauh dari keramaian dan promosi yang dilakukan Kedai tersebut belum maksimal, sehingga banyak orang masih belum mengetahui keberadaan dari kedai itu sendiri. Hal tersebut terbukti dari data kuesioner yang terdiri dari 30 responden dan terdapat sekitar 83,3% orang tidak mengetahui keberadaan dari Kedai Kedung Grojog. Berdasarkan permasalahan tersebut perancangan ini bertujuan untuk meningkatkan Brand Awareness melalui media promosi sehingga masyarakat dapat mengetahui tentang Kedai Kedung Grojog. Media promosi dalam bentuk video dengan menggunakan media sosial Instagram dan Tiktok salah satu cara yang efektif dikarenakan tidak memiliki biaya mahal yang dapat diakses oleh seluruh pengguna media sosial. Metode penelitian yang digunakan pada perancangan ini menggunakan metode kombinasi bertujuan untuk memadukan keunggulan pendekatan penelitian baik kuantitatif maupun kualitatif sehingga dapat memperoleh data yang lebih lengkap dan mendalam. Perancangan videogafi sebagai media promosi Kedai Kedung Grojog untuk meningkatkan brand awareness ini diimplementasikan ke media sosial Instagram dan Tiktok sebagai media utama. Implementasi juga menggunakan media pendukung terdiri dari media sosial yang meliputi feed Instagram, reels Instagram, story Instagram dan media cetak yang meliputi x-banner, poster, brosur, stiker.

English Abstract

Kedai Kedung Grojog is a coffee shop that was established in 2021 and is located in Bojonegoro Regency. The location of the Kedai Kedung Grojog itself is on a cross-district route which is far from the crowds and the promotions carried out by the shop have not been maximized, so many people still don't know the existence of the shop itself. This is evident from the questionnaire data which consisted of 30 respondents and there were around 83,3% of people who did not know the existence of the Kedung Grojog Shop. Based on these problems, this design aims to increase Brand Awareness through promotional media so that people can find out about the Kedai Kedung Grojog. Promotional media in the form of videos using Instagram and Tiktok social media is an effective way because it doesn't have expensive costs that can be accessed by all social media users. The research method used in this design uses a combination method aiming to combine the advantages of both quantitative and qualitative research approaches so as to obtain more complete and in-depth data. The design of videography as a promotional media for Kedai Kedung Grojog to increase brand awareness is implemented on social media Instagram and Tiktok as the main media. Implementation also uses supporting media consisting of social media which includes Instagram feeds, Instagram reels, Instagram stories and print media which includes x-banners, posters, brochures, stickers.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052317
Uncontrolled Keywords: Kedai, Promosi, Media Sosial, Brand Awareness, Coffee Shop, Promotion, Social Media, Brand Awareness
Divisions: Program Vokasi > D4 Desain Grafis
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:34
Last Modified: 29 Jan 2024 01:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214447
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ALAM ANUGRAH MAULANA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item