Wahyu, Nur (2023) Proses Adaptasi terhadap Culture Shock oleh Pemelajar Bahasa Jepang”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Culture shock dapat dialami oleh individu saat berada di lingkungan yang baru, terutama oleh pemelajar bahasa Jepang yang merupakan orang Indonesia yang sedang atau pernah menempuh pendidikan di Jepang melalui program beasiswa dalam jangka waktu 6 bulan hingga 1 tahun di lingkungan kampus dan lingkungan masyarakat sekitar. Untuk mengatasi culture shock ini, individu akan melakukan proses adaptasi terhadap budaya baru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses adaptasi pemelajar bahasa Jepang yang merupakan orang Indonesia terhadap culture shock yang dialami di lingkungan kampus dan lingkungan masyarakat sekitar di Jepang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori adaptasi antarbudaya Kim Young Yun untuk menganalisis data mengenai proses adaptasi pemelajar bahasa Jepang yang merupakan orang Indonesia terhadap culture shock yang dialami di lingkungan kampus dan lingkungan masyarakat sekitar di Jepang. Data didapatkan melalui wawancara mendalam terhadap 2 narasumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua narasumber menghadapi culture shock yang berbeda karena persiapan, rentang waktu berada di Jepang, dan usaha adaptasi dengan lingkungan baru yang juga berbeda. Meskipun kedua narasumber sudah berusaha menyesuaikan diri, proses adaptasi yang dilakukan tidak selalu berjalan mulus karena terdapat proses adaptasi yang berulang atau proses adaptasi yang tidak sempurna, seperti proses adaptasi terhadap perbedaan makanan dan cara berinteraksi yang dialami oleh narasumber 1 dan proses adaptasi yang berulang pada perbedaan suhu yang dialami oleh narasumber 2. Hal ini menunjukkan bahwa proses adaptasi yang dilakukan oleh kedua narasumber tidak selalu mengikuti pola yang dinyatakan menurut teori adaptasi antarbudaya Kim Young Yun.
Other obstract
文化的衝撃は、新しい環境に置かれたときに個人が経験する可能性がある。特に、現在、または過去に奨学金プログラムを通じて日本に6ヶ月から1年間留学したインドネシア人の日本語学習者は、大学環境や周辺地域で文化的衝撃を経験する可能性がある。この文化的衝撃を克服するために、個人は新しい文化への適応プロセスを実施する。そこで本研究では、インドネシア人の日本語学習者が日本の大学環境や周辺コミュニティで経験した文化的衝撃に対する適応プロセスを説明することを目的とする。 本研究は、キム・ヨンユンの異文化適応理論を用いた質的研究であり、日本の大学環境や周辺コミュニティで経験した文化的衝撃に対するインドネシア人日本語学習者の適応プロセスに関するデータを分析する。データは、日本語学習者である2名のインフォーマントとの詳細なインタビューを通して得られた。 その結果、両者とも日本での準備や滞在期間によって異なる文化的衝撃に直面し、新しい環境に適応しようとしていることがわかった。適応の仕方は異なる。両インフォーマントとも適応を試みているが、インフォーマント1が経験した食事や接し方の違いへの適応過程や、インフォーマント2が経験した気温の違いへの適応過程のように、適応過程の繰り返しや不完全な適応過程があるため、実施される適応過程が必ずしも円滑に進むとは限らない。 このことは、2人のインフォーマントが実施する適応過程が、キム・ヨンユンの異文化適応理論によれば、必ずしもそのパターンに従っていないことを示している。
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523120036 |
Uncontrolled Keywords: | adaptasi budaya, culture shock, pemelajar bahasa Jepang |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang |
Depositing User: | agung |
Date Deposited: | 26 Jan 2024 08:20 |
Last Modified: | 26 Jan 2024 08:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214438 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nur Wahyu.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |