Dekonstruksi Standar Kecantikan Perempuan Jepang: Analisis Tren Muscular Body Image dalam Platform Media Youtube.

Nursyahidah,, Nadia (2023) Dekonstruksi Standar Kecantikan Perempuan Jepang: Analisis Tren Muscular Body Image dalam Platform Media Youtube. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Standar kecantikan adalah hasil dari konstruksi sosial yang senantiasa berubah seiring perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendekonstruksi standar kecantikan tradisional perempuan Jepang dengan menganalisis tren muscular body image yang muncul dalam video-video di platform media YouTube. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis tiga video YouTube yang berkaitan dengan topik penelitian, yaitu "Japan’s Rise of Muscle Girls", "Meet The Strongest J-Pop Girl Idol", dan "Tomoko Kanda Interview of Japanese FBB Musclegirl". Teori Dekonstruksi Derrida dan Mitos Kecantikan Naomi Wolf digunakan untuk menganalisis data dan menjawab rumusan masalah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tren muscular body image muncul sebagai dekonstruksi terhadap standar kecantikan perempuan Jepang yang seringkali menekankan citra tubuh yang kurus dan inferior. Dari penelitian ini, ditemukan empat belas data dari tiga video YouTube yang menunjukkan muscular body image sebagai bentuk dekonstruksi standar kecantikan, serta pengaruh dari tren tersebut pada perempuan Jepang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120032
Uncontrolled Keywords: dekonstruksi, standar kecantikan, body image, muscular body image, YouTube Standar kecantikan adalah hasil dari konstruksi sosial yang senantiasa berubah seiring perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendekonstruksi standar kecantikan tradisional perempuan Jepang dengan menganalisis tren muscular body image yang muncul dalam video-video di platform media YouTube. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis tiga video YouTube yang berkaitan dengan topik penelitian, yaitu "Japan’s Rise of Muscle Girls", "Meet The Strongest J-Pop Girl Idol", dan "Tomoko Kanda Interview of Japanese FBB Musclegirl". Teori Dekonstruksi Derrida dan Mitos Kecantikan Naomi Wolf digunakan untuk menganalisis data dan menjawab rumusan masalah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tren muscular body image muncul sebagai dekonstruksi terhadap standar kecantikan perempuan Jepang yang seringkali menekankan citra tubuh yang kurus dan inferior. Dari penelitian ini, ditemukan empat belas data dari tiga video YouTube yang menunjukkan muscular body image sebagai bentuk dekonstruksi standar kecantikan, serta pengaruh dari tren tersebut pada perempuan Jepang.
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: agung
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:50
Last Modified: 26 Jan 2024 07:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214413
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nadia Nursyahidah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item