Analisis Pengaruh Kerentanan Sosial Pendidikan Perempuan di Wilayah Pesisir Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Galisong, Ridwan Danuarta and Prof. Dr.Ir. Harsuko Riniwati, MP and Siti Kholifah, S.Sos., M.Si, Ph.D (2024) Analisis Pengaruh Kerentanan Sosial Pendidikan Perempuan di Wilayah Pesisir Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Target pemerintah dalam permasalahan Pendidikan dan kesetaraan gender pada dunia pendidikan dituangkan dalam Perpres No. 59/2017 SDGs butir 4 Dan 5. Namun, target ini mesih belum terselenggara dengan baik. Maka dari itu penelitian ini mengeksplorasi kerentanan wilayah pesisir Kabupaten Lumajang terhadap permasalahan pendidikan dan kesetaraan gender. Menggunakan analisis spasial untuk pemetaannya dan analisis MICMAC untuk mengetahui factor kunci. Penelitian ini berhasil mengidentifikasi tiga faktor kunci, yakni lingkungan, keterlibatan masyarakat dan kesadaran gender, serta ekonomi, sebagai dasar rekayasa penerapan kebijakan. Hasilnya, kerentanan sosial pendidikan perempuan di wilayah pesisir berhasil dikurangi, menyamai tingkat rendah di wilayah kota. Meskipun demikian, pemetaan kerentanan secara keseluruhan belum sepenuhnya menyamai wilayah kota yang tingkat kerentanannya rendah, dengan perubahan tingkat kerentanan dari tinggi menjadi sedang. Faktor fisik wilayah pesisir Lumajang tetap menjadi penentu utama tingkat kerentanan. Penelitian ini mendukung perumusan kebijakan lebih lanjut untuk meningkatkan sektor pendidikan perempuan, mencerminkan perubahan substansial dalam peta kerentanan setelah penerapan skenario kebijakan.

English Abstract

The government's targets for education and gender equality in the world of education are stated in Presidential Decree No. 59/2017 SDGs points 4 and 5. However, this target has not yet been implemented well. Therefore, this research explores the vulnerability of the coastal areas of Lumajang Regency to education and gender equality problems. Using spatial analysis for mapping and MICMAC analysis to find out key factors. This research succeeded in identifying three key factors, namely the environment, community involvement and gender awareness, and economics, as the basis for engineering policy implementation. As a result, the social vulnerability of women's education in coastal areas has been reduced, equaling the low level in urban areas. However, the overall vulnerability mapping does not fully match city areas with low levels of vulnerability, with changes in the level of vulnerability from high to medium. The physical factors of the Lumajang coastal area remain the main determinant of the level of vulnerability. This research supports the formulation of further policies to improve the women's education sector, reflecting substantial changes in the vulnerability map after the implementation of the policy scenario.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0424
Uncontrolled Keywords: Kesetaraan Gender, Kerentanan Wilayah, Pendidikan Perempuan, Indonesia Emas 2045, dan Pesisir Lumajang.Gender Equality, Regional Vulnerability, Women's Education, Golden Indonesia 2045 and Lumajang Coast.
Divisions: Program Pascasarjana > Magister Kajian Perempuan, Program Pascasarjana
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:36
Last Modified: 26 Jan 2024 07:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214408
[thumbnail of Ridwan Danuarta Galisong.pdf] Text
Ridwan Danuarta Galisong.pdf

Download (13MB)

Actions (login required)

View Item View Item