Hubungan Pola Komunikasi Dan Pengambilan Keputusan Pada Keluarga Dengan Penderita DM Tipe 2 Di Kota Malang

Sandi, Prinovi Sapta and Dr. Yati Sri Hayati, S.Kp., M.Kes and Ns. Niko Dima K., S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.Kom (2023) Hubungan Pola Komunikasi Dan Pengambilan Keputusan Pada Keluarga Dengan Penderita DM Tipe 2 Di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penderita DMT2 akan mengalami ketergantungan terhadap keluarga yang mencakup bantuan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Keluarga berperan penting dalam memberikan dukungan untuk meningkatkan kualitas hidup penderita DMT2. Kesehatan keluarga secara luas memiliki dampak pada kondisi kesehatan penderita DMT2. Keputusan perawatan yang cepat dan tepat dibutuhkan dalam penanganan DMT2. Pengambilan keputusan yang tepat dapat mempermudah upaya penyembuhan dan pencegahan penyebaran penyakit. Komunikasi yang efektif dan dua arah memainkan peran sangat penting dalam membangun pemahaman bersama terhadap pesan yang disampaikan dan mengatasi berbagai masalah yang dihadapi oleh anggota keluarga. Tujuan dari penelitian ini untuk melihat Hubungan Pola Komunikasi Dan Pengambilan Keputusan Pada Keluarga dengan Penderita DM Tipe 2 di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode Observasional Analitik Korelasional dengan pendekatan Cross-sectional. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling dengan sampel penelitian sebanyak 324 responden. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuesioner. Berdasarkan hasil analisa bivariat menggunakan uji Spearman Rank dengan hasil statistik menunjukkan nilai p-value (0.000) kurang dari alpha 0.05 yang artinya ada hubungan antara pola komunikasi dan pengambilan keputusan pada keluarga dengan penderita DMT2 di Kota Malang. Bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut tentang intervensi untuk meningkatkan pola komunikasi dan pengambilan keputusan pada keluarga dengan penderita DMT2 di Kota Malang.

English Abstract

Patients with T2DM will experience dependence on the family which includes assistance in carrying out daily activities. The family plays an important role in providing support to improve the quality of life of people with T2DM. The health of the family at large has an impact on the health conditions of people with T2DM. Quick and appropriate treatment decisions are needed in the management of T2DM. The right decision-making can facilitate healing efforts and prevent the spread of the disease. Effective and two-way communication plays a very important role in building a shared understanding of the messages conveyed and overcoming various problems faced by family members. The purpose of this study was to look at the Relationship between Communication Patterns and Decision Making in Families with Patients with Type 2 DM in Malang City. This study used Correlational Analytical Observational method with Cross-sectional approach. Sampling using Cluster Random Sampling with a research sample of 324 respondents. The instrument used in this study was a questionnaire. Based on the results of bivariate analysis using the Spearman Rank test with statistical results showing a p-value (0.000) less than alpha 0.05 which means there is a relationship between communication patterns and decision making in families with patients with T2DM in Malang City. For further research, it is hoped that further research can be carried out on interventions to improve communication patterns and decision-making in families with patients with T2DM in Malang City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523160120
Uncontrolled Keywords: Diabetes Melitus Tipe 2, Pengambilan Keputusan, Pola Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:05
Last Modified: 05 Feb 2024 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214378
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Prinovi Sapta Sandi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item