Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Keterikatan (Bonding) Orang Tua-Anak Usia Sekolah Di Sekolah Dasar Kota Bekasi

Kholifah, Nissa Nur and Dr. Fransiska Imavike Fevriasanty, S.Kep., Ns., M.Nurs and Ns. Nurona Azizah, S.Kep., M.Biomed (2023) Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Keterikatan (Bonding) Orang Tua-Anak Usia Sekolah Di Sekolah Dasar Kota Bekasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bermain game online merupakan hobi popular yang telah berkembang pesat di seluruh dunia. Populasi bermain game online di Indonesia mendapati bahwa penggunaan game online pada anak usia sekolah sebesar 41,4% dari total 184 pemain game online dan pada usia 10-14 tahun sebesar 66,2% pada usia sekolah dasar. Orang tua memiliki peranan penting dalam mengarahkan kegiatan anak salah satunya dalam bermain game online. Hubungan orang tua-anak menjadi faktor penting dari perilaku kecanduan pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas bermain game online dengan keterikatan orang tua-anak usia sekolah di Kota Bekasi. Rancangan penelitian ini adalah analisis korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Responden penelitian ini terdiri dari 174 anak dan orang tua di SDN Aren Jaya IV Kota Bekasi. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner intensitas bermain game online dan kuesioner Child-Parents Relationship (CPRS). Uji hubungan dua variabel menggunakan uji non-parametrik Spearman Rank correlation dengan signifikan p-value < 0,05. Hasil penelitian menunjukan intensitas bermain game online anak usia sekolah dalam kategori sedang sebanyak 123 responden (70.7%) dan untuk keterikatan (bonding) orang tua-anak dalam kategori sedang 137 responden (78.7%). Hasil uji bivariat mendapati nilai p sebesar 0,221, sehingga menujukkan tidak ada hubungan yang signifikan. Hubungan yang tidak signifikan bisa tetap beresiko terhadap anak apabila dilakukan secara berlebihan. Perawat perlu menelaah faktor-faktor yang mempengaruhi intensitas bermain game online seperti kondisi psikologis, kurang perhatian dari orang-orang terdekat, jenis game online, kurangnya self-control, dan lainnya. Sehingga orang tua dapat meningkatkan kesadaran, dan kewaspadaan terhadap potensi risiko kesehatan yang berkaitan dengan bermain game online pada anak usia sekolah.

English Abstract

Playing online games is one of the popular hobbies that has grown rapidly around the world. The population of playing online games in Indonesia found that the use of online games in school-age children was 41.4% of the total 184 online game players and at the age of 10-14 years of 66.2% at elementary school age. Therefore, parents have an important role in directing children's activities, one of which is playing online games. The parent-child relationship is an important factor related to the addictive behaviour in children. This study aims to determine the correlation between the intensity of playing online games and parent-child attachment at school age children in Bekasi City. This research design used correlation analysis with a cross-sectional approach. The respondents of this study consisted of 174 children and parents at SDN Aren Jaya IV, Bekasi City. The research instruments employed online game playing intensity questionnaire and Child-Parents Relationship (CPRS) questionnaire. Test the correlation between both variables using the Spearman Rank correlation non-parametric test with a significant p-value <0.05. The results indicated that the intensity of school-age children playing online games was in the moderate category as many as 123 respondents (70.7%) and for parent-child bonding in the moderate category 137 respondents (78.7%). The bivariate test results found a p value of 0.221, thus indicating no significant relationship. Then, an insignificant relationship can still be risky factors for children if carried out excessively. Nurses need to examine factors influencing the intensity of playing online games, such as psychological conditions and attention from close people, types of online games, lack of self-control, and others. As a results, parents can increase awareness, and be alert to the potential health risks associated with playing online games in school-age children.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523160118
Uncontrolled Keywords: intensitas, game online, keterikatan orang tua-anak, anak usia sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Feb 2024 07:05
Last Modified: 05 Feb 2024 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214361
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nissa Nur Kholifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item