“Representasi Closeted Dan Coming out Pasangan Gay pada Tokoh Itou Akira dan Nishii Yuki dalam Drama Life Senjou No Bokura Karya Sutradara Takashi Ninomiya"

Nurani,, Mutiara. (2023) “Representasi Closeted Dan Coming out Pasangan Gay pada Tokoh Itou Akira dan Nishii Yuki dalam Drama Life Senjou No Bokura Karya Sutradara Takashi Ninomiya". Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fenomena LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender) dalam masyarakat mencerminkan kompleksitas interaksi antara individu LGBT dan lingkungannya. Terkadang individu LGBT diharuskan untuk menghadapi pilihan antara melakukan tindakan closeted atau coming out. Kedua tindakan tersebut dapat ditemukan dalam drama Jepang berjudul Life Senjou no Bokura sebagai sumber data untuk mengetahui tentang perilaku closeted dan coming out menggunakan teori Stay in the Closet oleh Eve Kosofsky Sedgwick dan proses coming out oleh Vivienne Cass. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dalam bentuk dialog dan beberapa screenshoot. Kemudian mengidentifikasi situasi dan konflik yang berkaitan dengan coming out dan closeted pasangan gay dalam drama. Terakhir adalah menarik kesimpulan berdasarkan data dan analisa yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekspektasi yang diberikan oleh keluarga dari tokoh Itou Akira dan Nishii Yuki membuat keduanya melakukan tindakan closeted dan berpura-pura menjadi heteroseksual. Hingga pada akhirnya setelah melalui proses perjalanan coming out yang panjang, Akira dan Yuki memutuskan untuk melakukan coming out dikarenakan telah muak dengan tuntutan keluarga yang mengharuskan mereka sebagai anak laki-laki menjalani kehidupan yang normal seperti masuk universitas, bekerja, menikah, dan meneruskan keturunan layaknya heteroseksual. Proses yang telah dilalui berakhir kepada penerimaan yang baik dari keluarga dan masyarakat.

Other obstract

社会における LGBT (レズビアン、ゲイ、バイセクシャル、トランスジェンダー) 現象は、LGBT 個人とその環境間の相互作用の複雑さを反映している。 LGBTの人々は時として心の内に留めるかカミングアウトするかの選択を迫られることがある。 これら 2 つの行動は、イブ・コソフスキー・セジウィックによるクロゼットの認識論とヴィヴィアン・キャスのカミングアウトの過程を参考にし、閉鎖的な行動とカミングアウト行動について調べるためのデータソースとして『ライフ・線上の僕ら』というタイトルの⽇本のドラマが参考となる。 この研究では記述的な定性的方法を使用した。データは対話といくつかのシーンを切り取る事によって収集された。 次に、ドラマの中でカミングアウトするカップルと周りに隠すカップルに関連する状況や葛藤をデータとして集める。最後のステップでは、実行されたデータと分析に基づいて結論を導き出している。 研究結果は、登場人物の伊東晃と西井夕希の家族が常識的な生活を求めたため、二人は誰にも言えず行動し、異性愛者のふりをさせたことを示している。 晃と夕希は、長い間同性愛者であることを隠していたが最終的にカミングアウトすることを決意した。少年として⼤学へ行き、働き結婚して、生活を続けるなど の普通の生活を送ることを求めた家族の要求にうんざりしたからだ。 最終的には家族や友人など周りから受け入れられる結果となった。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120028
Uncontrolled Keywords: LGBT, Closeted, Coming Out, Identitas Seksual, Homofobia.
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: agung
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:04
Last Modified: 26 Jan 2024 07:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214334
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Mutiara Nurani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item