Maitsa Tsaqif, Adimas and Deasy Chrisnia Natalia, SE., MM (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung Pada Hotel The One Legian. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah bagaimana peniliti mengetahui strategi yang digunakan Hotel The ONE Legian dalam meningkatkan jumlah pengunjung serta bagaimana penerapan komunikasi pemasaran yang digunakan dalam kegiatan pemasaran. Komunikasi pemasaran merupakan salah satu cara yang memiliki peran penting demi tercipatanya sebuah komunikasi yang sinergis yang digunakan oleh perusahaan baik untuk menciptakan, mempertahankan maupun meningkatkannya. Fenomena persaingan hotel semakin ketat, yang mengakibatkan persaingan cukup tinggi karena itu strategi pemasaran memerankan hal paling penting dalam mewujudkan keberhasilan dari sebuah hotel. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian tentang strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan The ONE Legian untuk meningkatkan jumlah pengunjung melalui beberapa tahap perencanaan. Kemudian pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran The ONE Legian memanfaatkan beberapa elemen komunikasi pemasaran 7P seperti product, price, promotion, place, people, physical evidence, dan process. Untuk meraih dan meningkatkan jumlah pengunjung The ONE Legian melakukan alat komunikasi pemasaran berupa periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat dan publisitas, penjualan personal, dan penjualan langsung. Hotel The ONE Legian menerapkan strategi yang lebih fokus kepada kegiatan promosi, namun Hotel ini juga berusaha untuk memaksimalkan kualitas produk, fasilitas, harga, proses, dan pelayanannya guna untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
English Abstract
The purpose of this research is how researchers find out the strategies used by The ONE Legian Hotel to increase the number of visitors and how to implement marketing communications used in marketing activities. Marketing communication is one method that has an important role in creating synergistic communication that is used by companies to create, maintain and improve it. The phenomenon of hotel competition is getting tougher, which results in quite high competition, therefore marketing strategy plays the most important role in realizing the success of a hotel. The type of research used is qualitative research with data collection techniques using interviews and observation. Results of research on marketing communication strategies carried out by The ONE Legian to increase the number of visitors through several planning stages. Then the implementation of The ONE Legian's marketing communication strategy utilizes several 7P marketing communication elements such as product, price, promotion, place, people, physical evidence, and process. To reach and increase the number of visitors, The ONE Legian uses marketing communication tools in the form of advertising, sales promotions, public relations and publicity, personal sales and direct sales. The ONE Legian Hotel implements a strategy that focuses more on promotional activities, but this hotel also tries to maximize the quality of its products, facilities, prices, processes and services in order to meet customer needs.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Identification Number: | 052317 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Komunikasi Pemasaran, Hotel, Strategy, Marketing Communication |
Divisions: | Program Vokasi > D4 Manajemen Perhotelan |
Depositing User: | Annisti Nurul F |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 01:15 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 01:15 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214308 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
adimas maitsa.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |