Pengembangan Sistem Informasi Pelaporan Kerusakan Fasilitas Berbasis Web. Studi Kasus: Rusunawa Universitas Brawijaya

Prasetyo, Alfito Dimas and Buce Trias Hanggara, S.Kom., M.Kom and Djoko Pramono, S.T., M.Kom (2024) Pengembangan Sistem Informasi Pelaporan Kerusakan Fasilitas Berbasis Web. Studi Kasus: Rusunawa Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rusunawa Universitas Brawijaya merupakan layanan hunian asrama khusus untuk mahasiswa putra Universitas Brawijaya. Selain menyediakan tempat tinggal, Rusunawa UB juga menyediakan fasilitas pendukung, yang seiring berjalannya waktu dapat mengalami kerusakan. Pentingnya pemeliharaan fasilitas menjadi kunci utama untuk menjaga kenyamanan dan kepuasan mahasiswa. Saat ini, Rusunawa UB telah memiliki layanan pelaporan kerusakan fasilitas dengan cara melaporkan langsung kepada petugas atau melalui WhatsApp. Namun karena keperluan rekap, siswa tetap perlu untuk membuat laporan secara tertulis pada buku laporan kerusakan. Untuk mengatasi keterbatasan tersebut, diperlukan implementasi layanan digital berupa sistem informasi yang dapat memudahkan pelajar dalam melaporkan kerusakan dengan sekali lapor sekaligus memudahkan petugas dalam mengelola dan mengatasi kerusakan fasilitas. Sistem informasi pelaporan kerusakan fasilitas dalam penelitian ini dikembangkan menggunakan model Waterfall dan berbasis web untuk memudahkan aksesibilitas pengguna. Hasil penelitian ini adalah sebuah sistem informasi pelaporan kerusakan fasilitas berbasis web yang dikembangkan menggunakan framework Laravel 10, menghasilkan dengan 14 use case sistem, 13 activity diagram, 13 sequence diagram, 2 class diagram, 1 rancangan basis data, dan 11 mockup halaman antarmuka sistem. Hasil pengujian validasi fitur menunjukkan bahwa semua fitur dalam sistem berjalan dengan benar sesuai fungsionalitasnya. Hasil pengujian kompatibilitas menunjukkan bahwa sistem tidak memiliki masalah kompatibilitas terhadap browser-browser yang umum digunakan. Hasil pengujian UAT menunjukkan tingkat penerimaan mahasiswa sebesar 88% dan petugas sebesar 90%, yang menandakan bahwa mahasiswa dan petugas sangat setuju terhadap kesesuaian dan penerimaan terhadap sistem. Terakhir, hasil pengujian usabilitas menghasilkan skor 81.5 yang menandakan bahwa sistem memiliki tingkat kemudahan penggunaan sistem oleh pengguna yang sangat baik.

English Abstract

Rusunawa Brawijaya University is a dormitory housing service for male students at Brawijaya University. Apart from providing housing, Rusunawa UB also provides supporting facilities, which may become damaged over time. The importance of maintaining facilities is the main key to maintaining student comfort and satisfaction. Currently, Rusunawa UB has a facility damage reporting service by reporting directly to officers or via WhatsApp. However, due to the need for a recap, students still need to make a written report in the damage report book. To overcome these limitations, it is necessary to implement digital services in the form of an information system that can make it easier for students to report damage in one report while also making it easier for officers to manage and resolve damage to facilities. The facility damage reporting information system in this research was developed using the Waterfall model and is web-based to facilitate user accessibility. The result of this research is a web-based facility damage reporting information system developed using the Laravel 10 framework, resulting in 14 system use cases, 13 activity diagrams, 13 sequence diagrams, 2 class diagrams, 1 database design, and 11 system interface page mockups. The results of feature validation testing show that all features in the system work correctly according to their functionality. Compatibility testing results show that the system has no compatibility problems with commonly used browsers. The UAT test results show that the acceptance rate for students is 88% and for officers it is 90%, which indicates that students and officers strongly agree on the suitability and acceptance of the system. Finally, the usability test results produced a score of 81.5, which indicates that the system has a very good level of ease of use by users.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150013
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 13 Feb 2024 07:47
Last Modified: 13 Feb 2024 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214258
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alfito Dimas Prasetyo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item