Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Siswa dalam Kelas Berbicara Bahasa Inggris di SMPIT Misykat Al Anwar Jombang.

Fajeriyah, Nur Fadillah and Dr. Widya Caterine Perdhani, S.Pd, M.Pd (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan Siswa dalam Kelas Berbicara Bahasa Inggris di SMPIT Misykat Al Anwar Jombang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berbicara adalah salah satu kemampuan bahasa yang biasanya dikaitkan dengan kecemasan di kalangan siswa EFL. Kecemasan disebabkan oleh berbagai keadaan, termasuk ketakutan membuat kesalahan, kurangnya kesiapan, dan pengetahuan yang tidak memadai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi unsur-unsur yang menyebabkan kecemasan berbicara pada siswa Bahasa Asing Inggris di sekolah yang berbeda. Penelitian ini melibatkan 62 siswa SMP IT Misykat Al Anwar tahun ajaran 2021/2022 sebagai subjek penelitian. Partisipan dipilih dengan menggunakan teknik random sampling dimana sampel dipilih secara acak, tanpa mempertimbangkan kategorisasi jenis kelamin. Secara khusus, peneliti mencoba mengidentifikasi faktor-faktor apa yang dapat berkontribusi pada kecemasan berbicara siswa. Penelitian ini menggunakan desain survei sebagai metodenya. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diadopsi dari Skala Kecemasan Bahasa Asing yang dikembangkan oleh Horwitz. Peneliti mengadopsi kuesioner versi bahasa Indonesia yang terdiri dari 33 pertanyaan. Kuesioner ini diklasifikasikan menjadi pernyataan positif dan negatif tentang kecemasan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kecemasan terjadi di antara semua peserta. Penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang paling dominan yang berkontribusi terhadap kecemasan berbicara siswa adalah kurang percaya diri, takut gagal di kelas bahasa Inggris dan kurang latihan. Akibatnya, kecemasan berbicara siswa dalam penelitian ini terutama dipengaruhi oleh kecemasan atau kekhawatiran itu sendiri diikuti oleh ketakutan komunikasi karena kurangnya persiapan dan ketakutan akan evaluasi negative.

English Abstract

Speaking is one of the language abilities that is usually associated with anxiety among EFL students. Anxiety is induced by a variety of circumstances, including fear of making mistakes, a lack of preparedness, and insufficient knowledge. The goal of this study is to identify the elements that cause speaking anxiety in English Foreign Language students in different schools. This study involved 62 students of SMP IT Misykat Al Anwar in the academic year of 2021/2022 as the subject of the study. The participants were chosen by using a random sampling technique in which the sample was chosen randomly, without considering the categorization of gender. Specifically, the researcher attempted in identifying what factors may contribute to students’ speaking anxiety. This study used survey design as the method. The data was gathered through a questionnaire adopted from the Foreign Language Anxiety Scale (FLCAS) developed by Horwitz. The researcher adopted the Indonesian version of the questionnaire which consists of 33 questions. This questionnaire is classified into positive and negative statements about anxiety. The findings of the study showed that anxiety happened among all of the participants. This study showed that the most dominant factors that contribute to the students’ speaking anxiety were lacking confidence, fear of failing in English class, and lacking practice. As a result, the students’ speaking anxiety in this study was mainly affected by anxiety itself followed by communication apprehension and the last was fear of negative evaluation.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042312
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Berbicara, EFL Learner, Penampilan, Speaking Anxiety, EFL Learner, Performance.
Divisions: S2/S3 > Magister Linguistik Terapan, Fakultas Ilmu Budaya
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:55
Last Modified: 26 Jan 2024 02:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214251
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nur Fadillah Fajeriyah.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item