Pengaruh Pengetahuan Dasar tentang Mekanisme dan Resistensi Antibiotik terhadap Pemahaman Pencegahan Resistensi Antibiotik pada Tenaga Kesehatan di Kabupaten Blitar

Tanjaya, Krisanto and Prof. Dr. Dra. Sri Winarsih, Apt., M.Si and dr. Dewi Retnoningsih, Sp.MK(K) (2023) Pengaruh Pengetahuan Dasar tentang Mekanisme dan Resistensi Antibiotik terhadap Pemahaman Pencegahan Resistensi Antibiotik pada Tenaga Kesehatan di Kabupaten Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Resistensi antibiotik atau AMR (antimicrobial resistance) merupakan permasalahan yang menjadi perhatian dunia medis dewasa ini. Terbatasnya jenis antibiotik baru, disertai dengan pesatnya evolusi bakteri resisten antibiotik menyebabkan AMR menjadi ancaman kesehatan di masa depan. Untuk mencegah hal tersebut, pendekatan berbentuk edukasi mengenai penggunaan antibiotik sesuai prosedur (antimicrobial stewardship) menjadi upaya utama. Tersedianya modul edukasi oleh WHO dapat menjadi template materi yang akan disampaikan. Namun, konten dari modul WHO yang berbeda pada tiap populasi target dapat menjadi tantangan dalam kegiatan edukasi. Oleh karena itu, diperlukan adanya penelitian mengenai konten edukasi terhadap resistensi antibiotik yang spesifik untuk memberikan materi yang dapat memberikan informasi secara lebih efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten materi edukasi resistensi antibiotik yang meliputi pengetahuan dasar tentang resistensi antibiotik, serta pemahaman praktis tentang pencegahan resistensi antibiotik untuk menilai kesesuaian konten edukasi tersebut sebagai program antimicrobial stewardship. Penelitian dilakukan dengan sampel peserta edukasi resistensi antibiotik di Blitar pada bulan Oktober 2022. Modul edukasi terdiri dari lima modul utama, yakni epidemiologi AMR, mekanisme AMR, serta mekanisme kerja antibiotik yang dikategorikan ke dalam variabel pengetahuan dasar, diikuti modul penggunaan antibiotik secara empiris, serta cara meningkatkan higienitas yang dikategorikan ke dalam variabel pemahaman praktis. Analisis korelasi Spearman menunjukan adanya korelasi positif signifikan antara variabel pengetahuan dasar dengan pemahaman praktis, sedangkan analisis Wilcoxon menunjukan adanya perbedaan signifikan pada variabel pengetahuan dan pemahaman sebelum dan sesudah edukasi. Melalui penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa modul edukasi yang tersedia dapat menjadi panduan efektif dalam kegiatan edukasi resistensi antibiotik pada tenaga kesehatan ke depannya.

English Abstract

Antibiotic resistance or AMR is a serious medical problem which has gathered a lot of attention lately. The limited number of novel antibiotics, as well as the rapid evolution of antibiotic resistant bacteria caused AMR to be a serious health threat in the future. To prevent the spread of AMR, an approach in the form of education regarding the correct usage of antibiotic or antimicrobial stewardship is proposed to be the main solution. The available WHO education module on antimicrobial stewardship may serve as a template for education program. But, the content of the module, which differs in each target population might serve as a challenge in education activity. Thus, research focusing on education content of antibiotic resistance which can aim specifically on concise content is needed to give an effective and efficient education program. This research aims to analyze the content of antibiotic resistance education, which include basic knowledge in antibiotic resistance, as well as practical understanding of antibiotic resistance prevention to determine its suitability in antimicrobial stewardship programs. The research was done on antibiotic resistance seminar conducted in Blitar residency in October 2022. The seminar module consist of five main modules, which are AMR epidemiology, AMR mechanism, an antibiotic mechanism of action which can be categorized into basic knowledge of antibiotic resistance variable; while empiric antibiotic usage module and hygiene improvement module can be categorized into practical understanding of antibiotic resistance prevention variable. Spearman correlation analysis showed a significant positive correlation between basic knowledge variable and practical understanding variable, while wilcoxon analysis showed a significant difference between basic knowledge variable before and after seminar, as well as practical understanding variable before and after seminar. Through this research, it can be concluded that the available education module may serve as an effective guide on conducting antibiotic resistance education on healthcare workers in the future.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052306
Uncontrolled Keywords: Resistensi antibiotik, antimicrobial stewardship, pengetahuan dasar, pemahaman praktis, edukasi
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 26 Jan 2024 02:54
Last Modified: 26 Jan 2024 02:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214235
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Krisanto Tanjaya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item