Perancangan Desain UI dan UX Fitur Gamifikasi Dengan Metode User Centered Design Pada Aplikasi Simpeldesa Berbasis Android

Ramadhona Choir, Achmad and Salnan Ratih Asriningtias, ST.,MT (2023) Perancangan Desain UI dan UX Fitur Gamifikasi Dengan Metode User Centered Design Pada Aplikasi Simpeldesa Berbasis Android. Diploma thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Fitur Gamifikasi pada Aplikasi Simpeldesa berbasis Android dirancang untuk menarik atensi warga untuk menggunakan aplikasi Simpeldesa dan meningkatkan jumlah transaksi pada aplikasi. Fitur yang beragam mulai dari memainkan misi untuk mendapatkan poin yang bisa ditukarkan voucher untuk pembayaran PPOB. Dengan adanya fitur tersebut diharapkan pengguna lebih tertarik untuk menggunakan aplikasi Simpeldesa untuk kebutuhan administrasi desa. Dengan perancangan tampilan antarmuka atau user interface (UI) menggunakan metode User Centered Design atau UCD yang menjadikan pengguna sebagai pusat utama dalam perancangan tampilan fitur Gamifikasi pada aplikasi Simpeldesa berbasis Android. Pengalaman yang diberikan langsung oleh pengguna akan menjadi suatu alur penggunaan atau user experience (UX) yang mencapai goals atau tujuan utama untuk memberikan kenyamanan dalam penggunaan fitur Gamifikasi pada aplikasi Simpeldesa berbasis Android. Perancangan fitur aplikasi ini melibatkan pengguna dari pihak Smart Village Nusantara dan warga desa mulai dari pendataan kebutuhan yang diperlukan, pembuatan user flow atau alur penggunaan fitur aplikasi bagi setiap user seperti pengguna dan admin. Data didapatkan melalui wawancara dengan pihak terkait atas perancangan aplikasi ini. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan solusi lebih efektif dan efisien dalam menarik minat pengguna untuk menggunakan aplikasi Simpeldesa kedepannya

English Abstract

The Simpeldesa application for Android has a Gamification feature that aims to encourage citizens to use the app more frequently and increase the number of transactions made through it. The feature includes various activities such as missions and point collection, which can be exchanged for vouchers for PPOB payments. The goal is to make users more interested in using the Simpeldesa app for their village administration needs. The User Centered Design (UCD) method was used to design the user interface (UI) of the Gamification feature. This approach puts the user at the center of the design process, ensuring that the user experience (UX) is comfortable and achieves the main objectives of the feature. The design process involved users from Smart Village Nusantara and village residents, who provided input on their needs and preferences. Data was collected through interviews with relevant parties to ensure that the design of the application feature was effective and efficient in attracting users' interest in using the Simpeldesa app. The hope is that this research will lead to a more effective solution for encouraging users to use the Simpeldesa app in the future.

Item Type: Thesis (Diploma)
Identification Number: 052317
Uncontrolled Keywords: Gamifikasi, User Centered Design (UCD), User Interface (UI), User Experience (UX), Gamification, User Centered Design (UCD), User Interface (UI), User Experience (UX)
Divisions: Program Vokasi > D3 Teknologi Informasi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 29 Jan 2024 01:01
Last Modified: 29 Jan 2024 01:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214233
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Achmad Ramadhona Choir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item