Analisis Atribut Cabai dan Tomat Terhadap Kepuasan Konsumen melalui User Generated Content (UGC) pada E-Commerce Shopee.

Wulandari, Nunuk and Prof.Dr.Ir. Abdul Wahib Muhaimin, MS. and Destyana Ellingga Pratiwi, SP., MP.,M.BA (2022) Analisis Atribut Cabai dan Tomat Terhadap Kepuasan Konsumen melalui User Generated Content (UGC) pada E-Commerce Shopee. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pergeseran perilaku belanja masyarakat menjadi online terjadi sebab meningkatnya perkembangan teknologi ditambah adanya pembatasan kegiatan tatap muka masyarakat akibat Covid-19, menjadikan penggunaan situs belanja online atau ecommerce meningkat salah satunya Shopee. Shopee merupakan salah satu ecommerce dengan jumlah pengunjung bulanan terbanyak ke dua pada tahun 2021 (IPrice, 2021). Salah satu produk yang sekarang sudah tersedia di Shopee yaitu produk hortikultura seperti cabai dan tomat. Cabai dan tomat merupakan sembako yang ketersediaannya menjadi keharusan bagi setiap rumah tangga (Fauza et al., 2018). Pembelian cabai dan tomat melalui ecommerce memiliki beberapa kendala yaitu sifat dari produk cabai dan tomat yang mudah rusak setelah panen. Selain itu, konsumen tidak bisa secara langsung mengetahui bentuk fisik produk. Permasalahan terkait kualitas produk tersebut akan mempengaruhi kepuasan konsumen. Faktor lain yang dapat mempengaruhi kepuasan konsumen adalah harga dan pelayanan. Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap produk cabai dan tomat, Shopee menyediakan fitur ulasan atau user generated content yang memudahkan pengguna untuk berbagi pengalaman belanja mereka kepada calon konsumen lainnya. Pada ulasan tersebut konsumen bisa memberikan rating pada setiap produk yang dibeli, rating 1-3 untuk penilaian tidak memuaskan dan 4-5 untuk penilaian memuaskan. Melalui ulasan tersebut pelaku usaha juga bisa mengidentifikasi atribut apa saja yang memberikan kepuasan dan ketidakpuasan. Namun kendalanya adalah ulasan tersebut merupakan teks tidak terstruktur sehingga perlu adanya analisis sentimen yang lebih lanjut. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif yaitu melalui naïve bayes dengan bantuan software KH Coder. Data sekunder dikumpulkan melalui web scraping dan diambil sampel sebanyak 915 ulasan cabai dan 557 ulasan tomat yang berasal dari produk dengan penjualan tertinggi dan berada di list teratas pada halaman pencarian. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka didapatkan hasil pada ulasan cabai nilai rata rata tertinggi pada pengujian model dengan rasio 50:50 sebesar 94,6% dan pada ulasan tomat nilai rata-rata tertinggi pada pengujian model dengan rasio 66:34 sebesar 92,04%. Hasil analisis kepuasan konsumen menunjukkan bahwa pada produk cabai atribut produk, harga, dan pelayanan dinilai memiliki kinerja yang positif terhadap kepuasan konsumen atau telah memberikan kepuasan bagi kosnumen. Sedangkan pada produk tomat atribut harga dan pelayanan dinilai memiliki kinerja yang positif atau telah memberikan kepuasan bagi konsumen, sedangkan atribut produk dinilai memiliki kinerja negatif terhadap kepuasan konsumen atau dianggap tidak memuaskan oleh konsumen. Sehingga dalam pengembangan strategi pemasaran diharapkan dapat difokuskan pada peningkatan kinerja atribut yang dipertimbangkan namun masih memiliki kinerja negatif terhadap kepuasan konsumen dalam hal ini yaitu kesegaran cabai dan tomat.

English Abstract

The shift in people's shopping behavior to online occurs because of increasing technological developments plus the restrictions on face-to-face activities due to Covid-19, making the use of online shopping or e-commerce sites increase, one of which is Shopee. Shopee is one of the e-commerce sites with the second highest number of monthly visitors in 2021 (IPrice, 2021). One of the products that are now available at Shopee are horticultural products such as chili and tomatoes. Chili and tomatoes are basic necessities whose availability is a must for every household (Fauza et al., 2018). Purchasing chilies and tomatoes through ecommerce has several obstacles, namely the nature of chili and tomato products that are easily damaged after harvest. In addition, consumers cannot directly know the physical form of the product. Problems related to product quality will affect consumer satisfaction. Another factor that can affect customer satisfaction is price and service. To find out the level of consumer satisfaction with chili and tomato products, Shopee provides a review feature or user generated content that makes it easy for users to share their shopping experiences with other potential consumers. In these reviews, consumers can give a rating on each product purchased, a rating of 1-3 for an unsatisfactory rating and 4-5 for a satisfactory rating. Through these reviews, business actors can also identify what attributes provide satisfaction and dissatisfaction. However, the problem is that the review is an unstructured text so that further sentiment analysis is needed. The analytical method used in this research is descriptive statistical analysis, namely through nave Bayes with the help of KH Coder software. Secondary data was collected through web scraping and samples were taken as many as 915 chili reviews and 557 tomato reviews originating from products with the highest sales and being at the top of the list on the search page. Based on the results of the analysis carried out, the results obtained in the chili review the highest average value in the model test with a 50:50 ratio of 94.6% and in the tomato review the highest average value in the model test with a 66:34 ratio of 92,04%. The results of the analysis of consumer satisfaction indicate that chili products, product, price, and service attributes are considered to have a positive performance on consumer satisfaction or have provided satisfaction for consumers. Meanwhile, for tomato products, the price and service attributes are considered to have positive performance or have provided satisfaction for consumers, while product attributes are considered to have negative performance on consumer satisfaction or are considered unsatisfactory by consumers. So that in the development of marketing strategies, it is hoped that it can be focused on improving the performance of the attributes considered but still have a negative performance on consumer satisfaction in this case, namely the freshness of chilies and tomatoes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052304
Uncontrolled Keywords: Atribut produk, Atribut harga, Atribut pelayanan, Kepuasan Konsumen, Product Attributes, Price Attributes, Service Attributes, Consumer Satisfaction.
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Zainul Mustofa
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:56
Last Modified: 26 Jan 2024 01:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214188
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nunuk Wulandari.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item