Developing E-Module Based on Vark Learning Style To Reinforce Online Learning During Post Pandemic”

Susanti, Milenia Fitria (2023) Developing E-Module Based on Vark Learning Style To Reinforce Online Learning During Post Pandemic”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didukung oleh keperluan pasca-pandemik dan untuk menyesuaikan diri dengan “new normal” dan membangun rutinitas yang baru untuk lembaga pendidikan. Modul yang digunakan saat ini dinilai kurang dalam aspek wadah media yang digunakan dan gaya belajar yang interaktif. Tindakan yang diusulkan adalah untuk mengembangkan modul elektronik yang menyenangkan dengan wadah media yang sesuai dengan gaya belajar VARK. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D). ). Integrated Learning Design Framework (ILDF) dipekerjakan oleh para peneliti. Studi ini memiliki tiga tahap pengembangan: eksplorasi, persiapan, dan evaluasi. Menggunakan analisis validasi dan kuesioner, penelitian ini melibatkan validator ahli untuk menguji kelayakan Modul Elektronik. Temuan utama menunjukkan bahwa VARK E-Module telah memenuhi 5 karakteristik modul yang baik: Self-Instructional, Self-Contained, Stand Alone, Adaptive, dan User Friendly. Modul Elektronik telah divalidasi selain iterasi awal dan menerima skor 2,0. VARK E-Module telah diberikan kategori layak, yang menyiratkan bahwa pengembangannya "sesuai" untuk pembelajaran “hybrid” dan dapat digunakan oleh siswa. Implikasi dari temuan ini signifikan bagi guru dan peneliti di masa kedepan. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah fleksibilitas, dengan potensi untuk digunakan secara online, offline, atau pembelajaran ‘hybrid’. Penelitian di masa depan akan berfokus pada meningkatkan kemungkinan adanya beberapa halaman isi modul untuk satu jenis kegiatan belajar VARK, fase uji produk dengan siswa yang ditargetkan, seluruh materi satu semester untuk cakupan modul, dan pengembangan modul pada tingkat lembaga pendidikan lainnya, dengan tujuan akhir untuk memperkuat pembelajaran online selama pasca-pandemik.

English Abstract

This research is motivated by post pandemic necessity and need to adjust to a new normal and establish a completely new routine for educational institutions. The current module is lacking in aspects of the media platforms and interactive learning style. The proposed action is to develop an enjoyable E-Module with media platforms suited to VARK learning style. In this study, method use in the research is research and development methods (R&D). The Integrated Learning Design Framework (ILDF) was employed by researchers. The study had 3 stages of development: exploration, preparation, and evaluation. Using a validity analysis and scoring table, this research involved an expert validator to test the eligibility of the E-Module. Key findings suggest that VARK E-Module had met 5 characteristics of a good module: Self- Instructional, Self-Contained, Stand Alone, Adaptive, and User Friendly. The EModule was validated in addition to the initial iteration and received a score of 2,0. VARK E-Module was awarded the worthy category, implying that its development is "eligible" for hybrid learning and can be used by students. The implications of these findings are significant for teachers and further researchers. The practical implications of this research are flexibility, with the potential to be used online, offline, or hybrid learning. Future work will focus on enhancing the possibility of multiple pages for one VARK learning activity, product trial phase with targeted students, a whole semester material, and another level of institution, with the ultimate goal of reinforcing online learning during post pandemic.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120021
Uncontrolled Keywords: E-Module, VARK Learning Style, Online Learning, Post Pandemic.
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: agung
Date Deposited: 26 Jan 2024 07:38
Last Modified: 26 Jan 2024 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214133
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Milenia Fitria Susanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item