Representasi Femininitas Pada Perempuan Islam Dalam Iklan 25 Tahun Wardah: Cantikmu Siap Hadapi Dunia

Intansari, Setyanida and Arif Budi Prasetya, S.I.Kom., M.I.Kom and Ika Rizki Yustisia, S.I.Kom., M.A (2023) Representasi Femininitas Pada Perempuan Islam Dalam Iklan 25 Tahun Wardah: Cantikmu Siap Hadapi Dunia. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada penelitian ini, penulis mencoba memaparkan bagaimana representasi femininitas perempuan Islam yang ditampilkan pada media massa khususnya iklan digital, dengan mengambil sampel berupa iklan Wardah yang berjudul “25 Tahun Wardah: Cantikmu Siap Hadapi Dunia” yang tayang perdana pada tahun 2020. Penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dan dengan paradigma konstruktivis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu semiotika Roland Barthes yang di mana dalam semiotika tersebut terdapat 3 pemaknaan yaitu makna denotatif, konotatif, dan mitos. Iklan 25 Tahun Wardah: Cantikmu Siap Hadapi Dunia terbagi menjadi 14 scene yang kemudian penulis menjabarkan pertanda dan penanda pada tiap-tiap scene dan dijabarkan pula makna denotasi serta konotasinya berdasarkan penandaan linguistik dan visual, tanda linguistik diwakili oleh voice over, dan teks yang tampil dalam video iklan sedangkan tanda visual diwakili oleh penataan elemen-elemen visual seperti gestur model iklan, pakaian, make up, setting, dan teknik pengambilan gambar. Representasi femininitas perempuan Islam yang digambarkan dalam iklan “25 Tahun Wardah; Cantikmu Siap Hadapi Dunia” direpresentasikan melalui beberapa aspek yaitu melalui penampilan fisik, emosi dan aspek sosial. Peneliti melihat bahwa iklan 25 Tahun Wardah: Cantikmu Siap Hadapi Dunia secara keseluruhan menggambarkan mengenai perspektif feminis atau menggambarkan perempuan dari segi penokohannya. Terdapat pergeseran mengenai femininitas yang mengacu kepada pergeseran sosial perempuan yang disebut femininitas baru. Femininitas baru merujuk pada perempuan saat ini tidak mempermasalahkan praktik-praktik femininitas yang menjadikannya objek, namun perempuan harus memposisikan diri sebagai subjek melalui femininitas tersebut.

English Abstract

In this study, the writer tries to explain how the representation of Islamic women's femininity is displayed in the mass media, especially digital advertisements, by taking a sample in the form of a Wardah advertisement entitled "25 Tahun Wardah: Cantikmu Siap Hadapi Dunia" which premiered in 2020. The writer uses qualitative-descriptive type of research, and with a constructivist paradigm. The method used in this study is Roland Barthes' semiotics in which there are 3 meanings in semiotics, namely denotative, connotative, and mythical meanings. The advertisement 25 Tahun Wardah: Cantikmu Siap Hadapi Dunia is divided into 14 scenes which the writer then describes the signs and markers in each scene and also explains the meaning of denotation and connotation based on linguistic and visual markings, linguistic signs are represented by voice over, and the text that appears in video advertisements while visual signs are represented by the arrangement of visual elements such as the gestures of advertising models, clothing, make-up, settings, and shooting techniques. The representation of the femininity of Islamic women depicted in the ad “25 Tahun Wardah: Cantikmu Siap Hadapi Dunia” is represented through several aspects, namely through physical appearance, emotional and social aspects. The writer sees that the advertisement for 25 Tahun Wardah: Cantikmu Siap Hadapi Dunia as a whole depicts a feminist perspective or describes women from the perspective of their characterizations. There is a shift regarding femininity which refers to the social shift of women which is called new femininity. The new femininity refers to women nowadays who do not question the practices of femininity that make them objects, but women must position themselves as subjects through that femininity.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052311
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Femininitas, Perempuan Islam, Wardah, Semiotics, Femininity, Muslim Women
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 29 Jan 2024 00:58
Last Modified: 29 Jan 2024 00:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214112
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Setyanida Intansari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item