Hubungan antara Pengetahuan dengan Kesiapsiagaan Bencana pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Brawijaya

Citra, Fildzah Prima and Dr. Yati Sri Hayati, S.Kp., M.Kes and Ns. Muhammad Sunarto, S.Kep., M.Kep., Sp.Kep.J (2024) Hubungan antara Pengetahuan dengan Kesiapsiagaan Bencana pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Brawijaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bencana adalah kejadian terjadi secara tiba-tiba, terbagi dalam 3 kategori bencana alam, non alam dan sosial. Pengetahuan selalu menjadi dasar untuk tindakan dan kesadaran seseorang untuk melakukan kesiapsiagaan saat menghadapi bencana, Kesiapsiagaan merupakan faktor penting yang menjadi fokus perhatian mengingat kesiapsiagaan adalah faktor tetap bagi pengurangan resiko bencana yang dapat dilakukan dan diupayakan sejak dini. Mempersiapkan secara kolektif meningkatkan ketahanan individu dan komunitas. Perawat memegang berbagai tanggung jawab terkait kesiapsiagaan dan tanggap bencana yang sangat penting pada saat krisis. Mahasiswa keperawatan diharapkan dapat berperan aktif dalam bencana sejalan dengan pemenuhan kewajiban mahasiswa dalam tridharma perguruan tinggi yaitu berperan dalam pengabdian masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan kesiapsiagaan bencana pada mahasiswa program studi ilmu keperawatan fakultas ilmu kesehatan universitas brawijaya tahun ajar 2022/2023 semester genap. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi korelatif menggunakan pendekatan cross-sectional. Responden penelitian ini sebanyak 125 mahasiswa yang belum mengikuti mata kuliah keperawatan bencana. Pengambilan data menggunakan kuesioner Disaster Preparedness Evaluation Tool(DPET) yang dimodifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan responden dalam kategori sedang sebanyak 78,3% dan kesiapsiagaan responden dalam kategori sedang sebanyak 77%. Hasil uji korelasi pengetahuan dengan kesiapsiagaan dihasilkan cukup, yang dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,450 dan nilai p-value 0,0001. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kesiapsiagaan mahasiswa lebih tinggi dengan pengetahuan yang lebih besar, Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian dengan sampel yang lebih banyak serta dapat mencakup pengetahuan responden yang tidak hanya sekedar pengetahuan umum

English Abstract

Disasters are events that occur suddenly, divided into 3 categories of natural, non-natural and social disasters. Knowledge is always the basis for a person's action and awareness to do preparedness when facing a disaster, Preparedness is an important factor that is the focus of attention considering that preparedness is a fixed factor for disaster risk reduction that can be done and pursued early on. Collective preparedness increases individual and community resilience. Nurses hold various responsibilities related to disaster preparedness and response that are very important in times of crisis. Nursing students are expected to play an active role in disasters in line with the fulfillment of student obligations in the tridharma of higher education, namely playing a role in community service. The purpose of this study was to determine the correlation between knowledge and disaster preparedness in students of the nursing science study program, faculty of health sciences, Brawijaya University in the academic year 2022/2023 even semester. This research is a correlative description research using a cross-sectional approach. Respondents of this study were 125 students who had not taken disaster nursing courses. Data collection using a modified Disaster Preparedness Evaluation Tool (DPET) questionnaire. The results showed that the knowledge of respondents in the moderate category was 78.3% and the preparedness of respondents in the moderate category was 77%. The results of the correlation test between knowledge and preparedness were moderate, as evidenced by the correlation coefficient value of 0.450 and a p-value of 0.0001. Based on the results of the study, it can be concluded that student preparedness is higher with greater knowledge, further researchers are expected to conduct research with a larger sample and can include respondents' knowledge that is not only general knowledge.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524160001
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Kesiapsiagaan, Bencana, Mahasiswa
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 02 Feb 2024 04:11
Last Modified: 02 Feb 2024 04:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214102
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fildzah Prima Citra.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item