Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan P5 di SMP Negeri 14 Kota Malang

Mabfiro, A.S.Y.W and Dr. Sony Sukmawan, S.Pd., M.Pd. (2023) Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Melalui Kegiatan P5 di SMP Negeri 14 Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kegiatan P5 adalah salah satu program Kurikulum Merdeka yang berupaya untuk mencapai mecapai Profil Pelajar Pancasila yang memberikan peluang kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai tahap dalam pembentukan karakter, dan juga peluang untuk belajar dari lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan P5 di SMP Negeri 14 Kota Malang yang bertemakan “Suara Demokrasi” di lingkungan sekolah dan melihat bagaimana perencanaan hingga evaluasi kegiatan P5, penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada kegiatan P5 dan dampak terhadap peserta didik dari kegiatan P5 di SMPN 14 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan observasi di lapangan, dengan teknik analisis data yang digunakan adalah model Milles dan Huberman (1992). Subjek penelitian ini yaitu pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka dalam memperoleh datanya melalui beberapa pihak sekolah yaitu wakil kepala sekolah bidang akademik, guru fasilitator serta tim P5, dan beberapa peserta didik yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan P5. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Pada tahap persiapan, sekolah mempersiapkan dengan membentuk sebuah tim proyek P5 yang beranggotakan para guru dengan menyiapkan rancangan kegiatan dari awal yaitu perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan hingga evaluasi kegiatan P5. Pada tahap pelaksanaan, kegiatan P5 dilaksanakan selama dua pekan yang mana peserta didik diberi meteri dan praktik berdemokrasi dalam lingkup kelas dan lingkup sekolah mengenai demokrasi. Pada tahap evaluasi yaitu pihak sekolah dan fasilitator melakukan rapat diskusi mengenai kendala yang dihadapi dan dapat memberikan solusi ataupun refleksi untuk hari pertemuan P5 berikutnya; (2) penerapan pembelajaran berdiferensiasi telah berhasil dilakukan melalui kegiatan P5 pada strategi diferensiasi konten, proses dan juga produk; (3) kegiatan P5 yang telah dilaksanakan sebagai bentuk pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka memiliki dampak yang baik yang menghasilkan pembentukan karakter terutama dalam berdemokrasi yang melekat pada diri peserta didik sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila

English Abstract

P5 activities are one of the independent curriculum programs that strive to achieve the Pancasila Student Profile which provides opportunities for students to "experience knowledge" as a stage in character formation, and also opportunities to learn from the surrounding environment. This research aims to analyze P5 activities at SMP Negeri 14 Malang City with the theme "Voice of Democracy" in the school environment and see how P5 activities are planned and evaluated, the implementation of differentiated learning in P5 activities, and the impact on students of P5 activities at SMPN 14 Malang City. This research uses qualitative methods with descriptive research type. Data collection techniques include interviews and observations in the field, with the data analysis technique used the Milles and Huberman model (1992). The subject of this research is differentiated learning in the independent curriculum in obtaining data through several school parties, namely the deputy principal for academic affairs, facilitator teachers and the P5 team, and several students involved in implementing P5 activities. The results of this research are (1) in the preparation stage, the school prepares by forming a P5 project team consisting of teachers by preparing activity designs from the start, namely planning activities, implementing activities to evaluating P5 activities. At the implementation stage, P5 activities were carried out for two weeks in which students were given material and practice of democracy in the classroom and school scope regarding democracy. At the evaluation stage, the school and the facilitator hold a discussion meeting regarding the obstacles faced and can provide solutions or reflections for the next P5 meeting day; (2) the implementation of differentiated learning has been successfully carried out through P5 activities on content, process and product differentiation strategies; (3) P5 activities which have been implemented as a form of differentiated learning in the independent curriculum have had a good impact resulting in the formation of character, especially in democracy, which is inherent in students following the Pancasila student profile.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, kegiatan P5-differentiated learning, independent curriculum, P5 activities
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Emy Sukartini
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:00
Last Modified: 25 Jan 2024 07:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/214058
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Amas Salsabila Ya'sri Wahyu Mabfiro.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item