Analisis Faktor Motivasi Siswa Kelas XI 9 Dalam Memilih Lintas Minat Bahasa Jepang Di SMAN 1 Kepanjen”

Fadhila,, Isnaini Nur. (2023) Analisis Faktor Motivasi Siswa Kelas XI 9 Dalam Memilih Lintas Minat Bahasa Jepang Di SMAN 1 Kepanjen”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis faktor motivasi intrinsik dan ekstrinsik yang mempengaruhi siswa memilih lintas minat bahasa Jepang di SMAN 1 Kepanjen. Riset ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif untuk menjabarkan data yang didapat dari lapangan. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa SMAN 1 Kepanjen yang mempelajari lintas minat bahasa Jepang, yaitu kelas XI 9, XI 12, XII IBB, XII MIPA 1, dan XII MIPA 2. Pada penelitian ini menggunakan teknik convanience sampling, ialah menggunkan sampel dengan bebas sesuai kehendak peneliti, yakni kelas XI 9 yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket, dengan jenis angket tertutup. Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor intrinsik mendapatkan persentase lebih tinggi dalam mempengaruhi siswa memilih lintas minat bahasa Jepang, yang dapat dilihat pada pernyataan enam dengan persentase 82% dan kategori sangat baik. Sedangkan persentase tertinggi yang didapatkan dari faktor ekstrinsik terdapat pada pernyataan satu yang mendapatkan persentase 61% kategori baik.

Other obstract

本研究は、ケパンジェン第一高校において、学生が日本語を選択す る動機となる内発的・外発的要因の分析に焦点を当てている。本研究は、 現場から得られたデータを記述法で記述する量的研究である。本研究の母 集団は、ケパンジェン第一高校の日本語クロスインタレストを学ぶすべて の生徒、すなわちXI 9 クラス、XI 12 クラス、XII IBB クラス、XII MIPA 1 クラス、XII MIPA 2 クラスである。使用した道具は質問紙で、閉じた質 問形式である。分析の結果、内発的要因の方が、学生に日本語を選択させ る割合が高いことがわかった。一方、外発的要因で最も高い割合を得たの は、「良い」カテゴリーで61%の割合を得た記述1 であった。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120010
Uncontrolled Keywords: faktor motivasi, lintas minat, bahasa Jepang
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: agung
Date Deposited: 25 Jan 2024 04:11
Last Modified: 25 Jan 2024 04:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213984
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Isnaini Nur Fadhila.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item