Pengaruh Live Streaming Shopping TikTok dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei Online pada Konsumen Skintific TikTok Shop Generasi Z)

Putri, Zefira Tiara Andhita and Prof. Andriani Kusumawati,, S.Sos., M.Si, DBA (2023) Pengaruh Live Streaming Shopping TikTok dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen Online dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei Online pada Konsumen Skintific TikTok Shop Generasi Z). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk: (1) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Live Streaming Shopping (LSS) terhadap Kepercayaan Konsumen Online, (2) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Live Streaming Shopping terhadap Keputusan Pembelian, (3) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Online Customer Rating terhadap Kepercayaan Konsumen Online, (4) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian, dan (5) mengetahui dan menjelaskan pengaruh Kepercayaan Konsumen Online terrhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Kriteria populasi dalam penelitian ini, responden merupakan Warga Negara Indonesia dengan rentang usia 18-26 tahun atau Generasi Z, memiliki akun TikTok pribadi, pernah melihat Live Streaming Shopping dan Online Customer Rating dan pernah melakukan pembelian produk Skintific saat atau setelah melihat Live Streaming Shopping serta berdasarkan Online Customer Rating yang terdapat pada akun TikTok @Skintific_id. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, pengumpulan data menggunakan kuesioner online kepada 116 orang responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel LSS berpengaruh signifikan terhadap Kepercayaan Konsumen Online, variabel LSS berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, variabel Online Customer Rating berpengaruh signifikan terhadap Kepercayaan Konsumen Online, variabel Online Customer Rating berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian, dan variabel Kepercayaan Konsumen Online berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Melalui penelitian, diketahui bahwa jika perusahaan menerapkan LSS dengan baik maka dapat menimbulkan kepercayaan konsumen online sehingga meningkatkan keputusan pembelian. Selain itu, semakin tinggi online customer rating yang diberikan konsumen kepada perusahaan, semakin tinggi kepercayaan calon konsumen online yang akan memicu keputusan pembelian. Penelitian ini diharap menjadi referensi bagi pengembangan penelitian selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian, mempertahankan kualitas Skintific, baik dari segi produk, pemasaran, maupun pelayanan yang diberikan sangat disarankan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan keputusan pembelian.

English Abstract

The purposes of this study, namely to: (1) know and explain the effect of Live Streaming Shopping (LSS) on Online Consumer Trust, (2) to know and explain the effect of Live Streaming Shopping on Purchase Decision, (3) to know and explain the effect of Online Customer Rating on Online Consumer Trust, (4) to know and explain the effect of Online Customer Rating on Purchase Decision, and (5) to know and explain the effect of Online Consumer Trust on Purchase Decision. The type of this research is explanatory research with a quantitative approach. The criteria of population in this study are citizen of Indonesia respondents with age range 18-26 years old or Generation Z, have a TikTok account, have seen Live Streaming Shopping and Online Customer Rating and made a purchase of Skintific product when or after watch the Live Streaming Shopping and also based on Online Customer Rating that exist in Skintific’s TikTok account @Skintific_id. The sampling technique that used was purposive sampling, data collected using online questionnaires to 116 respondents. The data was analyzed using descriptive statistical analysis and path analysis. The result of this study indicate that the Live Streaming Shopping variable has a significant effect on Online Consumer Trust, the Live Streaming Shopping variable has a significant effect on Purchase Decision, the Online Customer Rating has a significant effect on Online Consumer Trust, the Online Customer Rating variable has a significant effect on Purchase Decision, and the Online Consumer Trust variable has a significant effect on Purchase Decision. This study shows that if a company implement the LSS well, will generate the online consumer trust so then increase the purchase decision. In addition, the higher online customer rating given by consumers to a company, the higher the level of online consumer trust that triggers the increase of purchase decision. This research is expected to be a reference for further research development. Based on the result of this study, maintaining the quality of Skintific, wether it is product, marketing, services are highly suggested to increase online consumer trust and purchase decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052303
Uncontrolled Keywords: Live Streaming Shopping, Online Customer Rating, Kepercayaan Konsumen Online, Keputusan Pembelian-Live Streaming Shopping, Online Customer Rating, Online Consumer Trust, Purchase Decision
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Unnamed user with username suprihatin
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:58
Last Modified: 25 Jan 2024 03:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213982
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Zefira Tiara Andhita Putri.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item