GENDER-BASED VIOLENCE (GBV) AGAINST THE FEMALE CHARACTER IN THE “WOMEN TALKING” (2022) MOVIE

Aprilia, Aindra and Scarletina Vidyayani Eka, S.S., M.Hum., (2023) GENDER-BASED VIOLENCE (GBV) AGAINST THE FEMALE CHARACTER IN THE “WOMEN TALKING” (2022) MOVIE. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kekerasan berbasis gender (GBV) merupakan permasalahan umum yang menimpa kedua jenis kelamin, namun pada kenyataannya, hal ini lebih berdampak pada perempuan dibandingkan laki-laki. Kajian konflik gender dalam sastra menjadi semakin penting karena kehadirannya yang tersebar luas di seluruh periode sejarah dan konteks budaya, serta terwujud dalam beragam bentuk dalam karya sastra. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis bentuk-bentuk GBV yang terjadi dan bagaimana tokoh perempuan dalam film Women Talking berjuang melawan penindasan dan kekerasan. Penelitian ini mengadopsi teori pilar patriarki Walby (1989) sebagai landasan teori. Penelitian ini akan menggunakan teori patriarki untuk mengkategorikan kekerasan berbasis gender berdasarkan penyebab yang terjadi dalam film Women Talking sebagai objek penelitian. Penelitian ini mengidentifikasi empat bentuk kekerasan berbasis gender (GBV) yang dihadapi oleh tokoh perempuan dalam film “Women Talking.” Pertama, adanya GBV struktural melalui undang-undang dan kepemimpinan yang bias yang melindungi laki-laki sekaligus menyesatkan dan merugikan perempuan di dalam koloni. Kedua, GBV budaya berasal dari ketidaksetaraan kesempatan, yang memaksa perempuan untuk bekerja dan membatasi akses mereka terhadap pendidikan dan pembelajaran. Ketiga, GBV seksual terjadi ketika laki-laki mengeksploitasi dan menyerang perempuan dengan menggunakan pemerkosaan yang difasilitasi gas, dan terakhir, GBV fisik melibatkan laki-laki yang melukai dan merugikan perempuan di dalam koloni. Penelitian ini juga menemukan bahwa dalam film tersebut, karakter perempuan berjuang dan melawan penindasan dengan memilih untuk mengatasi masalah mereka dan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Mereka memilih antara memaafkan laki-laki, tetap tinggal dan melawan laki-laki, atau keluar dari koloni, pada akhirnya mereka memilih untuk meninggalkan koloni.

English Abstract

Gender-based violence is a prevalent issue affecting both genders, but in reality, it impacts on women rather than men. The study of gender conflicts in literature has gained significance due to their widespread presence across historical periods and cultural contexts, manifesting in diverse forms within literary works. This qualitative research aims to understand and analyze the forms of GBV occurred and how the female characters of Women Talking movie struggle against the oppression and violence. The researcher adopts Walby’s (1989) pillars of patriarchy theory as the theoretical foundation of this research. This research will use theory of patriarchy to categorize Gender-based violence based on its cause occurred in the movie. The research identifies four forms of gender-based violence (GBV) faced by the female characters in the movie "Women Talking." Firstly, there's structural GBV through biased laws and leadership that protect men while misleading and disadvantaging women within the colony. Secondly, cultural GBV stems from unequal opportunities, forcing women to work and limiting their access to education and learning. Thirdly, sexual GBV occurs as men exploit and assault women using gas-facilitated rape, and lastly, physical GBV involves men injuring and harming women within the colony. This research also found that in the movie, the female characters struggle and fight against oppression by voting to address their problems and what to do next. They are choosing between forgiving the men, stay and fight the men, or leaving the colony, in the end they choose to leave the colony.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: Film Study, Gender-Based Violence, Oppression, Women Talking
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: Emy Sukartini
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:48
Last Modified: 25 Jan 2024 03:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213955
[thumbnail of Dalam masa EMBARGO] Text (Dalam masa EMBARGO)
Aindra Aprilia.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item