Tsabita, Hilya (2023) Penerapan Media Spotify Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Materi Teks Berita Siswa Kelas VIII SMPN 10 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan penerapan media spotify dalam pembelajaran keterampilan membaca materi teks berita siswa kelas VIII-C, hasil dari penerapan media spotify dalam pembelajaran keterampilan membaca materi teks berita siswa kelas VIII-C dan respons guru bahasa Indonesia kelas VIII-C terhadap penerapan media spotify media spotify dalam pembelajaran keterampilan membaca materi teks berita siswa kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan angket. Data ini analisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitataif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media spotify media spotify dalam pembelajaran keterampilan membaca materi teks berita siswa kelas VIII mampu meningkatkan keterampilan membaca siswa, sebanyak 5% siswa mendapatkan nilai dengan kategori sangat baik, 60% siswa mendapatkan nilai dengan kategori baik, 25% siswa mendapatkan nilai dengan kategori cukup dan 10% siswa mendapatkan kategori nilai kurang. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan media spotify ini dapat membantu siswa dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya pada pembelajaran keterampilan membaca materi teks berita.
English Abstract
This study aims to describe the stages of applying Spotify as a media tool in learning reading skills for news item text materials to eighth-grade students Class VIII-C, the results of applying Spotify media in learning reading skills for news item text materials to the Class VIII-C students, and the responses of Indonesian language teachers in Class VIII-C to the application of Spotify media in learning reading skills for news item text materials to eighth-grade students. The study’s methods used observation, interviews, and questionnaires, with data analyzed using qualitative descriptive analysis techniques. The results show that applying Spotify media in learning reading skills for news item text materials for eighth-grade students effectively improves their reading abilities. Specifically, 5% of students achieved an excellent grade, 60% obtained a good grade, 25% received a fair grade, and 10% scored lower. In conclusion, this study suggests that the application of Spotify can assist both students and Indonesian language teachers, especially in learning reading skills for news item text materials.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523120007 |
Uncontrolled Keywords: | Berita, Media Pembelajaran, Membaca, Spotify. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | agung |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 03:38 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 03:38 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213948 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
HILYA TSABITA.pdf Restricted to Repository staff only until 31 December 2025. Download (7MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |