Strategi Komunikasi Pemasaran PT Permata Adelia Utama dalam Menarik Minat Konsumen Pariwisata di Masa Pandemi Covid-19 pada Tahun 2021

Adib Arindra Faza, Muhammad and Abdul Wahid, S.I.Kom, MA and Wifka Rahma Syauki, S.I.Kom., M.Si. (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran PT Permata Adelia Utama dalam Menarik Minat Konsumen Pariwisata di Masa Pandemi Covid-19 pada Tahun 2021. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masa pandemi Covid-19 merupakan sebuah waktu yang sulit bagi para pelaku bisnis dibidang pariwisata. PT Permata Adelia Utama menggunakan strategi komunikasi pemasaran yang terfokus pada memberikan informasi tentang produk dan layanan yang ditawarkan serta memanfaatkan media sosial dan digital untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Untuk mencapai hasil yang diinginkan, strategi komunikasi pemasaran harus diterapkan secara terkoordinasi dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan paradigma interpretatif dan pendekatan studi kasus. Lantas metode pengambilan data menggunakan wawancara dan dokumentasi yang dalam memilah narasumbernya menggunakan teknik purposive sampling dan dengan adanya guideline wawancara, maka wawancara ini semi terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan merupakan teknik analisis Miles dan Huberman, serta informan dari penelitian ini merupakan 5 subjek dan sejumlah dokumen pendukung. Penelitian ini menghasilkan pernyataan bahwa strategi yang dijalankan oleh PT Permata Adelia Utama berhasil meningkatkan penjualan sejumlah 169 transaksi semenjak adanya promosi. Strategi tersebut meliputi adanya potongan harga dan pemanfaatan media sosial dalam mempublikasikan protokol kesehatan yang diterapkan perusahaan Dengan perolehan itu, strategi yang dilakukan dapat dikatakan berhasil dan sesuai tujuan awal.

English Abstract

The Covid-19 pandemic has been a challenging period for businesses in the tourism sector. PT Permata Adelia Utama employed a marketing communication strategy focused on providing information about the products and services offered, utilizing social media and digital platforms to reach a wider audience. To achieve the desired results, the marketing communication strategy needs to be applied in a coordinated and effective manner. This research utilized a qualitative method with an interpretative paradigm and a case study approach. Data collection methods included interviews and documentation, with subject selection using purposive sampling and semi-structured interviews guided by an interview guideline. The data analysis technique employed was Miles and Huberman's analysis technique, and the study involved 5 subjects and supporting documents. The research findings indicate that the strategies implemented by PT Permata Adelia Utama successfully increased sales, with a total of 169 transactions since the promotion began. These strategies included offering discounts and utilizing social media to publicize the health protocols implemented by the company. With this achievement, the strategies can be deemed successful and aligned with the initial objectives.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052311
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, Pandemi Covid 19, Strategi Pemasaran Pariwisata, PT Permata Adelia Utama, Marketing communication strategy, Covid 19 pandemic, Tourism marketing strategy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 26 Jan 2024 00:51
Last Modified: 26 Jan 2024 00:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213934
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD ADIB ARINDRA FAZA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item