Raharjo, Charina Lorenza and Dr. Ns. Heni Dwi Windarwati, S. Kep., M. Kep., Sp.Kep.J. and Ns. Muhammad Sunarto, S. Kep., M. Kep., Sp.Kep.J. (2023) Hubungan Antara Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Kecenderungan Perilaku Self-Harm pada Siswa SMK X di Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perilaku menyakiti diri merupakan upaya mencederai diri untuk mengalihkan ketidakstabilan emosi. Perilaku menyakiti diri pada remaja seringkali bersifat repetitif. Tindakan melukai diri yang berkelanjutan dapat meningkatkan risiko bunuh diri dan kematian hingga 3% lebih tinggi dibandingkan dengan remaja umumnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kecenderungan perilaku menyakiti diri pada siswa. Metode dalam penelitian ini adalah analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 70 siswa SMK X yang telah melalui tahapan skrining. Instrumen yang digunakan sebagai alat ukur yakni kuesioner Inventory of Statements about Self-Injury (ISAS) dan Interpersonal Support Evaluation List (ISEL) yang dimodifikasi. Uji hubungan dua variabel menggunakan uji Spearman-Rank dengan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan kecenderungan self-harm rendah pada sejumlah 42 siswa (60,00%) dan dukungan sosial teman sebaya cukup pada 42 siswa (60,00%). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kecenderungan perilaku self-harm adalah cukup kuat dengan nilai koefisien korelasi - 0,420 dan p-value 0,001. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan kecenderungan self-harm pada siswa. Maka dari itu, tenaga kesehatan dapat bekerja sama dengan sekolah untuk melakukan skrining berkala terhadap kejadian self-harm pada siswa. Selain itu, diperlukan penggalian dukungan dari teman sebaya untuk membantu siswa terhindar dari dampak buruk self-harm yang berkepanjangan.
English Abstract
Self-harming behavior is an attempt to inflict harm upon oneself as a way of coping with emotional instability. Such behavior in adolescents often exhibits a repetitive nature. Sustained self-harming actions can escalate the risk of suicide, with mortality rates up to 3% higher than the general adolescent population. This research explores the relationship between peer social support and the tendency toward self-harming behavior among students. The research methodology employed is correlational analytics with a cross-sectional approach. The respondents, comprising 70 students from Vocational High School X, underwent screening phases. The instruments utilized for measurement were the Inventory of Statements about Self-Injury (ISAS) questionnaire and the modified Interpersonal Support Evaluation List (ISEL). The correlation between the two variables was examined using the Spearman-Rank test with a significance level set at α 0.05. The findings indicate a low tendency for self-harm in 42 students (60.00%) and sufficient peer social support in 42 students (60.00%). The relationship between peer social support and the inclination toward self-harming behavior is fairly strong, with a correlation coefficient of -0.420 and a p-value of 0.001. In conclusion, there is a significant correlation between peer social support and the tendency for self-harm among students. Consequently, healthcare professionals can collaborate with schools to conduct periodic screenings for self-harming incidents among students. Additionally, seeking support from peers is crucial in helping students avoid the prolonged adverse effects of self-harm.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523160088 |
Uncontrolled Keywords: | Bunuh diri, dukungan sebaya, kesejahteraan psikologis, melukai diri, siswa. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Ilmu Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 02:43 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 02:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213930 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Charina Lorenza Raharjo.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Actions (login required)
View Item |