Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Inggris Prajabatan dalam Mengajar Siswa Tingkat Sekunder

Ilma, Agnia and Prof. Dr. Zuliati Rohmah, M.Pd. (2023) Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Inggris Prajabatan dalam Mengajar Siswa Tingkat Sekunder. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Karena kompetensi guru memiliki dampak besar pada kinerja mengajar mereka, guru Bahasa Inggris prajabatan harus mengasah kompetensi mereka sejak mereka menjadi mahasiswa, terutama dalam program praktik mengajar. Kompetensi kepribadian dan pedagogik adalah dua hal yang harus dikembangkan oleh pendidik masa depan selain kompetensi sosial dan profesional. Namun, penelitian yang fokus pada kedua kompetensi ini khusus untuk guru Bahasa Inggris prajabatan masih terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat kompetensi kepribadian dan pedagogik guru Bahasa Inggris prajabatan selama program magang mereka di SMP dan SMA. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik survei untuk mengumpulkan data. Kuesioner berisi 36 pertanyaan didistribusikan melalui WhatsApp kepada 100 mahasiswa tahun ketiga di Program Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Brawijaya, Indonesia. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif menggunakan SPSS versi 26 untuk Windows. Validitas kuesioner diuji menggunakan Korelasi Pearson dalam SPSS, sedangkan reliabilitasnya (Cronbach’s Alpha) ditetapkan sebesar 0,947 untuk kompetensi kepribadian dan 0,924 untuk kompetensi pedagogi. Temuan menunjukkan bahwa guru Bahasa Inggris prajabatan memperoleh skor rata-rata 89,57 untuk kompetensi kepribadian dan 86,24 untuk kompetensi pedagogik. Ini menunjukkan bahwa, sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007, guru Bahasa Inggris prajabatan yang terlibat dalam penelitian ini memenuhi persyaratan untuk menjadi guru yang berkualifikasi. Mereka sangat kompeten dalam perilaku moral dan bisa menjadi panutan bagi siswa dalam hal kompetensi kepribadian, namun mereka kurang berminat untuk menjadi guru dan mengalami kesulitan dalam bertanggung jawab serta percaya diri sebagai pendidik. Sementara itu, dalam kompetensi pedagogik, mereka sangat responsif terhadap ide dan umpan balik untuk meningkatkan pembelajaran, namun kesulitan dalam memahami karakteristik siswa dan menjaga suasana kelas yang kondusif. Ketergantungan penelitian pada tanggapan subjektif survei mungkin tidak benarbenar mencerminkan kinerja guru Bahasa Inggris prajabatan. Penelitian mendatang sebaiknya mencakup metode penilaian yang beragam untuk pandangan yang lebih komprehensif.

English Abstract

Since teachers' competencies have significant impacts on their teaching performance, Pre-service English teachers (PETs) must hone teachers' competencies starting when they are student teachers, especially in teaching practice programs. Personality and pedagogical competence are two competencies that future educators have to develop in addition to social and professional competence. However, there is a scarcity of research focusing on these two competencies specifically for PETs. This study’s purpose is to look into the personality and pedagogical competence of PETs during their internship program at junior high and high schools. The researcher utilized quantitative descriptive research employing a survey technique to collect data. A questionnaire, comprising 36 questions, was distributed via WhatsApp to 100 third-year student teachers enrolled in the English Language Education Program at Universitas Brawijaya, Indonesia. The collected data underwent quantitative analysis using SPSS version 26 for Windows. The questionnaire's validity was assessed using Pearson Correlation in SPSS, while the reliability (Cronbach’s Alpha) was determined to be 0.947 for personality competence and 0.924 for pedagogical competence. The findings find PETs earned mean scores of 89.57 for personality competence and 86.24 for pedagogical competence. It indicates that, in accordance with Ministry of National Education Regulation Number 16 of 2007, the PETs involved in this study met the requirements to become qualified teachers. They are highly competent in moral behavior and can serve as role models for their students in terms of personality competency, but they lack interest in being a teacher and have difficulties in being responsible and self-assured educators. Meanwhile, for their pedagogical competence, they are highly receptive to ideas and feedback to enhance learning, but they struggle to comprehend students and keep the classroom atmosphere conducive. The study's reliance on subjective survey responses might not truly represent PETs’ performance. Future research should include diverse assessment methods for a more comprehensive view

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 052312
Uncontrolled Keywords: pre-service English teacher; personality competence; pedagogical competence-guru Bahasa Inggris pra-jabatan; kompetensi kepribadian; kompetensi pedagogik
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Emy Sukartini
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:37
Last Modified: 25 Jan 2024 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213926
[thumbnail of Dalam masa EMBARGO] Text (Dalam masa EMBARGO)
Agnia Ilma.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item