Fauziyah, Hanif Zulfa (2023) Exploring The Usage of Flipgrid Application as Flipped Learning Tools. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam lanskap pendidikan, terutama munculnya pembelajaran online. Pandemi global COVID-19 turut berkontribusi pada pergeseran tersebut, memberikan fleksibilitas dan aksesibilitas lebih bagi pendidik dan peserta didik. Namun, tantangan, khususnya dalam pengajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL), muncul seiring dengan peluang yang diciptakan oleh pembelajaran online dan kondisi pasca pandemi yang memerlukan penyesuaian dalam proses pembelajaran. Dalam mengatasi tantangan tersebut, pendidik mengadopsi pendekatan pembelajaran terbalik yang memungkinkan mahasiswa untuk memindahkan penyampaian materi ke luar ruang kelas virtual, mengakses materi secara mandiri, dan menyisakan sesi langsung untuk keterlibatan dan kolaborasi. Penelitian ini menggali pengalaman individual mahasiswa program sarjana Sastra Inggris di Universitas Brawijaya, dengan fokus khusus pada keterlibatan mereka dengan aplikasi Flipgrid dalam proses pembelajaran terbalik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengalaman penggunaan aplikasi Flipgrid dan memahami lebih dalam perspektif dan interaksi mahasiswa dalam platform tersebut. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui kuesioner yang diisi oleh 45 mahasiswa aktif program studi Sastra Inggris Universitas Brawijaya angkatan 2020 dan 2021. Partisipan penelitian telah menggunakan atau masih menggunakan aplikasi Flipgrid dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua partisipan menyadari aplikasi Flipgrid, dan semuanya telah menggunakannya sebagai bagian dari pengalaman pembelajaran terbalik dalam kelas Sastra Inggris. Sebagian besar partisipan menemukan bahwa Flipgrid cocok untuk pembelajaran terbalik dan mendorong pendekatan berpusat pada mahasiswa sejalan dengan teori oleh Bergmann dan Sams (2012). Selain itu, temuan ini menyarankan bahwa Flipgrid memiliki potensi untuk meningkatkan interaksi dan membimbing desain lingkungan pembelajaran terbalik yang efektif, mendorong keterlibatan aktif dan pengembangan bahasa pada peserta didik EFL. Penelitian ini memberikan kontribusi pada pedagogi dengan memberikan wawasan dalam eksplorasi mendalam tentang pemanfaatan Flipgrid oleh mahasiswa, memberikan pemahaman tentang persepsi kemudahan penggunaan dan efektivitasnya dalam memfasilitasi komunikasi dan pembelajaran kolaboratif.
English Abstract
Digital technology has led to significant changes in the landscape of education, notably the rise of online learning. The global COVID-19 pandemic contributed to the shift, which has given both educators and learners more flexibility and accessibility. However, challenges, especially in English as a Foreign Language (EFL) instruction, have emerged alongside the opportunities created by online learning and post-pandemic conditions that require readjustment to the learning process. In addressing the challenges, educators embraced flipped learning approaches that allow students to move content delivery outside virtual classrooms, independently access to materials, reserving live sessions for engagement and collaboration. This study delves into the individual experiences of English Literature undergraduate students at Universitas Brawijaya, specifically focusing on their engagement with the Flipgrid application in the flipped learning process. The research aimed to identify the experiences in using the Flipgrid application and gain a deeper understanding of the students' perspectives and interactions within the platform. This research applied a qualitative approach. The data of this research were obtained through questionnaires by 45 active students of the English Literature undergraduate study program of Brawijaya University class of 2020 and 2021. The participants of the study have used or are still using the Flipgrid application in classroom learning activities. The result showed that all participants were aware of the Flipgrid application, and all had used it as part of their flipped learning experience in English Literature classes. The majority of participants found that Flipgrid was suitable for flipped learning and promoted a student-centered approach in line with the theory by Bergmann and Sams (2012). Moreover, the findings suggested that Flipgrid has the potential to enhance interaction and inform the design of effective flipped learning environments, promoting more active engagement and language development among EFL learners. This study contributed to pedagogy by providing insights into a nuanced exploration of the students' utilization of Flipgrid, shedding light on its perceived ease of use and effectiveness in facilitating communication and collaborative learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0523120003 |
Uncontrolled Keywords: | Face-to-face Learning, Flipped Learning, EFL, Flipgrid. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | agung |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 02:59 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 02:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213899 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Hanif Zulfa Fauziyah.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2025. Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |