Analisis Konten Meme Boruto: Naruto Next Generations sebagai Sarana Bebas Berekspresi di Facebook (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Pratama, Gusti Aziz. (2023) Analisis Konten Meme Boruto: Naruto Next Generations sebagai Sarana Bebas Berekspresi di Facebook (Analisis Semiotika Roland Barthes). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menggunakan objek berupa meme-meme budaya populer Jepang dari serial anime dan manga Boruto: Naruto Next Generations yang menampilkan fenomena dan tren-tren yang sedang viral. Meme-meme budaya populer Jepang dari serial anime dan manga Boruto: Naruto Next Generations dapat dianggap sebagai sarana bebas berekspresi bagi penggunanya di Facebook. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan makna dari konten meme budaya populer Jepang, khususnya meme Boruto: Naruto Next Generations yang beredar di Facebook pada Maret 2023, sebagai sarana bebas berekspresi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Sumber data didapatkan dari meme-meme serial anime dan manga Boruto: Naruto Next Generations yang dipublikasikan oleh pengguna aktif di media sosial Facebook pada Maret 2023. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teori semiotika Roland Barthes yang bertujuan untuk menguraikan tanda secara denotatif, konotatif, yang pada akhirnya membentuk mitos. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konten pada meme serial anime dan manga Boruto: Naruto Next Generations sangat beragam, memiliki keunikan masing-masing dalam penyampaiannya, dan memiliki makna yang dalam. Konten meme dari serial anime dan manga Boruto: Naruto Next Generations juga terdapat beberapa kesamaan makna dengan mitos yang terdapat dalam meme tersebut. Akan tetapi, makna konten meme dari serial anime dan manga Boruto: Naruto Next Generations terkadang tidak sesuai dengan yang terjadi di dunia nyata maupun fakta sebenarnya tidak sesuai dengan meme yang telah dibuat oleh para penggemar dari serial anime dan manga Boruto: Naruto Next Generations. Hal ini dikarenakan meme-meme budaya populer tersebut digunakan oleh masyarakat untuk menghibur, mengkritik, sarkas, dan satir.

Other obstract

本研究では、アニメおよび漫画シリーズ『BORUTO–ボルト–NARUTO NEXT GENERATIONS』に登場する日本の大衆文化のミームの形をしたオブジェクトを使用し、現在流行している現象やトレンドを表示している。日本のポップカルチャーでは、アニメやマンガの『BORUTO–ボルト–NARUTO NEXT GENERATIONS』シリーズのミームは、Facebook 上のユーザーの自由な表現手段と考えられる。本研究の目的は、日本のポップカルチャーのミームのコンテンツ、特に2023年3月にFacebook上で拡散した自由な表現手段としての『BORUTO–ボルト–NARUTO NEXT GENERATIONS』シリーズのミームの意味を説明することである。 本研究では、記述的アプローチによる定性的研究手法を使用する。データソースは、2023 年 3 月にソーシャルメディアFacebookのアクティブユーザーによって公開されたアニメとマンガのシリーズ『BORUTO–ボルト–NARUTO NEXT GENERATIONS』のミームから取得した。本研究のデータは、記号を説明することを目的としたロラン バルトの記号理論を使用して分析した。指示的に、暗示的に、それは最終的には神話を形成する。 本研究の結果は、Facebook 上の日本の大衆文化のミームの内容が非常に多様で、独自の伝え方を持ち、深い意味を持っていることを示している。アニメおよび漫画シリーズ『BORUTO–ボルト–NARUTO NEXT GENERATIONS』のミームのコンテンツの意味も神話との類似点がある。しかし、アニメや漫画シリーズ『BORUTO–ボルト–NARUTO NEXT GENERATIONS』から収集されたミームのコンテンツの意味は、現実世界で起こっていることと一致していない場合があり、実際、そのファンによって作成されたミームとは一致しない。これは、アニメとマンガの『BORUTO–ボルト–NARUTO NEXT GENERATIONS』シリーズが、大衆文化のミームとして、楽しませたり、批判したり、皮肉を込めたり、単に風刺したりするために使用されるためである。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0523120002
Uncontrolled Keywords: analisis, meme, budaya populer, Facebook, semiotika
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: agung
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:50
Last Modified: 25 Jan 2024 02:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213889
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Gusti Aziz Pratama.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 December 2025.

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item