Pengaruh Orientasi Pasien Baru Berbasis Website terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Parangtritis Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Malang

Harahap, Atikah Qanitah Ulipia and Ns. Linda Wieke Noviyanti, S.Kep., M.Kep (2023) Pengaruh Orientasi Pasien Baru Berbasis Website terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Parangtritis Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Malang. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Orientasi pasien baru merupakan proses penerimaan pasien saat pertama kali datang dengan memberikan informasi yang berkaitan dengan proses keperawatan pasien. Kepuasan pasien adalah sikap pasien terhadap pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit dan merupakan indikator dalam menilai kualitas pelayanan rumah sakit. Tingkat kepuasan pasien menurun diakibatkan oleh orientasi pasien baru yang tidak dilakukan sesuai standar, pemberian infromasi yang tidak lengkap, cara komunikasi yang tidak efektif, sehingga menimbulkan kesenjangan infromasi yang diterima pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi orientasi pasien baru berbasis website terhadap kepuasan pasien di Ruang Parangtritis Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Malang. Rancangan penelitian adalah quasi experiment pre post test design with control group. Responden penelitian ini terdiri dari 12 pasien pada kelompok kontrol dan 12 pasien pada kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Servqual (Service Quality) Scale. Hasil penelitian menunjukkan pada kelompok kontrol sebanyak 5 pasien (41.7%) menyatakan puas. Sedangkan pada kelompok intervensi sebanyak 10 pasien (83.3%) menyatakan puas. Hasil uji statistik menggunakan uji Mann-Whitney terdapat pengaruh edukasi orientasi pasien baru berbasis website terhadap kepuasan pasien di Ruang Parangtritis Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Malang (p-value <0.001, α 0.05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh edukasi orientasi pasien baru berbasis website terhadap kepuasan pasien di Ruang Parangtritis Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Malang. Diharapkan pada penelitian selanjutnya media edukasi orientasi pasien baru dapat dikembangkan dan disesuaikan sesuai dengan kondisi diruangan.

English Abstract

New patient orientation is the process of accepting patients when they first arrive by providing information related to the patient's nursing process.. Patient satisfaction is the patient's attitude towards the services provided by the hospital and is an indicator in assessing the quality of hospital services. The level of patient satisfaction decreases due to new patient orientation not being carried out according to standards, providing incomplete information, ineffective communication methods, resulting in gaps in the information received by patients. This study aims to determine the effect of website-based new patient orientation education on patient satisfaction in the Parangtritis Room at Regional General Hospital Dr. Saiful Anwar Malang. The research design is quasi experiment pre post test design with control group. Respondents to this study consisted of 12 patients in the control group and 12 patients in the control group. The research instrument used is Servqual (Service Quality) Scale. The research results showed that in the control group, 5 patients (41.7%) expressed satisfaction. Meanwhile, in the intervention group, 10 patients (83.3%) expressed satisfaction. The results of statistical tests using the Mann-Whitney test showed the influence of website-based new patient orientation education on patient satisfaction in the Parangtritis Room at Regional General Hospital Dr. Saiful Anwar Malang (p-value <0.001, α 0.05). Based on the research results, it can be concluded that there is an influence of website-based new patient orientation education on patient satisfaction in the Parangtritis Room at Regional General Hospital Dr. Saiful Anwar Malang. It is hoped that in further research new patient orientation education media can be developed and adapted to suit room conditions.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0423160045
Uncontrolled Keywords: Orientasi Pasien Baru Berbasis Website, Kepuasan Pasien
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Profesi Keperawatan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 01 Feb 2024 02:42
Last Modified: 01 Feb 2024 02:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213886
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Atikah Qanitah Ulipia Harahap.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item