Penggunaan Islamofobia oleh Bharatiya Janata Party dalam Pemenangan Pemilu India Berturut Tahun 2014 dan 2019

Aldia Vitaloka, Jelita and Mely Noviryani, S. Sos., M.M., M.A (2023) Penggunaan Islamofobia oleh Bharatiya Janata Party dalam Pemenangan Pemilu India Berturut Tahun 2014 dan 2019. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kemenangan telak Bharatiya Janata Party pada pemilu India tahun 2014 dan 2019 semakin menandai kebangkitan populisme beberapa tahun terakhir. Dalam masa kampanye untuk pemilu India tahun 2014 hingga pemilu 2019, sikap dan retorika bersifat Islamofobia ditampilkan oleh Bharatiya Janata Party untuk melegitimasi konsepsi Hindutva mereka dan memenangkan pemilu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan penggunaan Islamofobia oleh Bharatiya Janata Party dalam pemenangan pemilu India berturut tahun 2014 dan 2019. Penggunaan Islamofobia dalam penelitian ini dianalisis dalam kerangka pemasaran politik. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Bharatiya Janata Party terus membangun narasi jika Islam adalah ancaman. Mereka memanfaatkan kekecewaan publik terhadap Partai Kongres menjadi kegelisahan dan ketakutan terhadap the Other (Muslim).

English Abstract

The Bharatiya Janata Party’s landslide victory in the 2014 and 2019 Indian elections further marked the rise of populism in recent years. During the campaign period for the 2014 Indian election to the 2019 election, the Bharatiya Janata Party displayed Islamophobic attitudes and rhetoric to legitimize their Hindutva conception and to win the election. This research aims to describe the use of Islamophobia by the Bharatiya Janata Party in winning the 2014 and 2019 Indian elections. The use of Islamophobia by the Bharatiya Janata Party in this research is analyzed within a political marketing framework. The result of this research is that the Bharatiya Janata Party is persistently building a narrative that Islam is a threat. They exploited public disappointment towards the Congress Party into anxiety and fear of the Other (Muslim).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052311
Uncontrolled Keywords: Populisme, Islamofobia, Pemasaran Politik, Strategi Pemenangan, Populism, Islamophobia, Political Marketing, Winning Strategy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 26 Jan 2024 00:50
Last Modified: 26 Jan 2024 00:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213865
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
JELITA ALDIA VITALOKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item