Komunikasi Brand Kedai Tambang Cokelat Kota Madiun Pada Media Sosial Instagram

Arif Ristiyanto, Gilang and Nia Asthon Destrity, S.I.Kom., MA. (2023) Komunikasi Brand Kedai Tambang Cokelat Kota Madiun Pada Media Sosial Instagram. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komunikasi Brand penting untuk mengkomunikasikan mereknya kepada masyarakat. Dalam penelitian ini kedai Tambang Cokelat memiliki cara unik untuk mengkomunikasi merek tersebut ke masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengalisis Komunikasi Brand Kedai Tambang Cokelat Kota Madiun Pada Media Sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara pada 2 informan. Peneliti menggambarkan mengenai komunikasi brand kedai Tambang Cokelat berdasarkan aspek pendekatan kognitif, pendekatan afektif dan pendekatan behavior pada media sosial instagram. Dengan aspek pendekatan kognitif kedai tambang cokelat menggunakan target pasar dan pesan merek menunjukan informasi produk sedangkan aspek pendekatan afektif kedai tambang cokelat menggunakan pesan brand mengenai perasaan konsumen. Hasil dari penelitian ini, kedai Tambang Cokelat dominan menggunakan komunikasi brand dengan aspek pendekatan behavior dengan hasil menggunakan promosi penjualan, pesan brand dengan menggunakan kampanye, pemanfaatan kuis berhadiah dan respon pengikut pada media sosial instagram. Konsumen pun menyadari merek tersebut dari komunikasi merek yang telah dilakukan kedai Tambang Cokelat selama ini. Kedepannya kedai Tambang Cokelat dapat menerapkan program promosi penjualan yang lebih menarik dan ide konten yang kreatif.

English Abstract

Brand Communication is important to communicate the brand to the public. In this research, the Tambang Cokelat shop has a unique way of communicating the brand to the public. This research aims to determine and analyze Madiun City kedai tambang cokelat Brand Communication on Instagram Social Media. This research uses a qualitative descriptive research method by conducting interviews with 2 informants. The researcher describes the Tambang Cokelat shop brand communication based on aspects of the cognitive approach, affective approach and behavioral approach on Instagram social media. With the cognitive approach aspect, tambang cokelat shop uses a target market and brand messages showing product information, while the affective approach aspect of the kedai tambang cokelat uses brand messages regarding consumer feelings. The results of this research show that the Tambang Cokelat shop dominantly uses brand communication with a behavioral approach. with the results of using sales promotions, brand messages using campaigns, using prize quizzes and follower responses on Instagram social media. Consumers are also aware of the brand from the brand communication that has been carried out by the Tambang Cokelat shop so far. In the future, the Tambang Cokelat shop can implement more attractive sales promotion programs and creative content ideas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052311
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Merek, Promosi, Media Sosial Instagram, Cokelat, Brand Communications, Promotions, Social Media Instagram, Chocolate
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 26 Jan 2024 00:49
Last Modified: 26 Jan 2024 00:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213814
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Gilang Arif.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item