Perbandingan Metformin dan Kombinasi Metformin- Glimepiride pada Penurunan Mikroalbuminuria Pasien Diabetes Mellitus Tipe-2 di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kota Malang

Abdillah, Ahmad Zaki Putra and dr. Rulli Rosandi, Sp.PD, K-EMD and Dr. dr. Dian Nugrahenny, M.Biomed (2024) Perbandingan Metformin dan Kombinasi Metformin- Glimepiride pada Penurunan Mikroalbuminuria Pasien Diabetes Mellitus Tipe-2 di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Diabetes mellitus merupakan penyakit metabolik kronis yang dapat menyebabkan ancaman jiwa, komplikasi berbahaya, dan penurunan angka harapan hidup. Salah satu komplikasi utama dari diabetes adalah diabetik nefropati. Tahap awal terjadinya diabetik nefropati adalah dengan ditemukannya mikroalbuminuria. Terapi diabetes mellitus lini pertama dan paling sering digunakan disamping modifikasi gaya hidup adalah metformin. Terapi kombinasi akan dibutuhkan ketika ada kegagalan terapi tunggal. Terapi kombinasi yang paling sering digunakan adalah kombinasi metformin dan sulfonilurea, salah satunya glimepiride. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemberian metformin dan kombinasi metformin-glimepiride terhadap tingkat mikroalbuminuria pada pasien DM tipe 2 di kota Malang. Penelitian ini memanfaatkan data sekunder dengan menggunakan desain observasional deskriptif komparatif yang dilakukan secara retrospektif. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Dr. Saiful Anwar dengan menggunakan data BPJS FKTP Kota Malang Tahun 2020. Hasil yang didapatkan subjek dengan Metformin rata-rata mengalami peningkatan mikroalbuminuria yang tidak signifikan sebesar 27.31 dari pemeriksaan 1 ke pemeriksaan 2, sementara, kelompok subjek dengan kelompok Kombinasi Metformin-Glimepiride rata-rata mengalami penurunan mikroalbuminuria yang tidak signifikan sebesar -11.35 dari pemeriksaan 1 ke pemeriksaan 2. Kesimpulan yang didapatkan dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan antara penurunan mikroalbuminuria pada kelompok pasien yang menggunakan Metformin dengan kelompok pasien yang menggunakan Kombinasi Metformin-Glimepiride.

English Abstract

Diabetes mellitus is a chronic metabolic disease that can pose lifethreatening risks, dangerous complications, and reduce life expectancy. One of the major complications of diabetes is diabetic nephropathy. The early stage of diabetic nephropathy is identified by the presence of microalbuminuria. First-line therapy for diabetes mellitus, often used alongside lifestyle modifications, is metformin. Combination therapy becomes necessary when single therapy fails. The most commonly used combination therapy includes metformin and sulfonylurea, such as glimepiride. This study aims to investigate the effects of administering metformin and the combination of metformin-glimepiride on the level of microalbuminuria in type 2 diabetes mellitus patients in the city of Malang. This research utilized secondary data using a descriptive comparative observational design conducted retrospectively. The study was conducted at Dr. Saiful Anwar Hospital using BPJS FKTP Kota Malang data from the year 2020. The findings indicated that subjects using Metformin experienced an average increase in microalbuminuria of 27.31 from examination 1 to examination 2, which was not significant. Meanwhile, the group of subjects using the Metformin- Glimepiride combination showed an average decrease in microalbuminuria of - 11.35 from examination 1 to examination 2, which was also not significant. The conclusion drawn from this research is that there is no significant difference in the reduction of microalbuminuria between the group of patients using Metformin and the group using the Metformin-Glimepiride combination.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524060003
Uncontrolled Keywords: Mikroalbuminuria, Diabetes Mellitus Tipe-2, Metformin, Kombinasi Metformin-Glimepiride
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Feb 2024 04:19
Last Modified: 07 Feb 2024 04:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213681
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ahmad Zaki Putra Abdillah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item