Perkuatan Lereng Pasir Menggunakan Variasi Jarak Antar Pile Berdiameter 3,2 cm dan 2,0 cm dengan Pemodelan Fisik Rc 88%

Hakim, Muchammad Nasyruddin and Prof. Dr. Ir. As’ad Munawir, MT. and Arief Rachmansyah, Dr. rer. nat. Ir. (2022) Perkuatan Lereng Pasir Menggunakan Variasi Jarak Antar Pile Berdiameter 3,2 cm dan 2,0 cm dengan Pemodelan Fisik Rc 88%. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tanah longsor merupakan pergerakan suatu material perbukitan , bergerak dari dataran atas bukit menuju ke dataran bawah, pada banyak kejadian disebabkan karena tanah tidak mampu menahan beban gravitasi dari luar seperti bangunan yang berada diatas lereng. Akbat kejadian tersebut maka digunakan metode penelitian perkuatan stabilitas lereng dengan cara memasukan tanah berjenis pasir kedalam box, yang dibagi menjadi 7 lapisan tanah. Kemudian dari tiap lapisan mempunyai ketinggian 10 cm yang sudah di padatkan dengan beton slinder sebanyak 15 kali lintasan. Setelahnya ditancapkan 2 baris pile berbahan alumunium pada tanah yang sudah dipadatkan sesuai Rc 88 % dengan variabel penelitian yang sudah ditentukan. Diameter pile baris pertama 3,2 cm dengan jarak antar pusat pile 10 cm dan diameter pile baris kedua 2,0 cm dengan jarak antar pusat pile 3 cm, 6cm, 8 cm dan 10 cm. Setelah pemodelan siap kemudian dipasang dial gauge pada pile dan diberikan pembebanan secara bertahap menggunakan hydraulic jack hingga lereng mengalami keruntuhan sebanyak 3 kali pembacaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganilis jenis kelongsoran pada pemodelan lereng jenis pasir, mengetahui jarak antar pile optimum yang dapat menahan kelongsoran pada bahan maksimum hingga lereng mengalami keruntuhan dan mengetahui nilai angka keamanan lereng menggunakan metode elemen hingga 2D dan 3D. Hasil penelitian didapatkan bahwa jenis keruntuhan lereng yaitu tipe rotasi dengan pola keruntuhan berada pada bidang lereng. Dan hasil analisis menggunakan FEM, didapatkan bahwa nilai angka keamanan mengalami peningkatan terhadap tanpa perkuatan, pada perkuatan dua baris pile sebesar 7,179 % pada aplikasi FEM 2D dan sebesar 29,044 % dan pada aplikasi FEM 3D. Untuk lereng dengan perkuatan satu baris tiang didapatkan sebesar 4,382 % pada aplikasi FEM 2D dan sebesar 1,485 % pada FEM 3D.

English Abstract

Landslide is the movement of hilly material, moving from the top of the hill to the lower plain, in many cases it is caused because the soil is not able to withstand a load of gravity from the outside such as a building that is on a slope. As a result of this incident, the research method for strengthening slope stability was used by entering sand-type soil into the box, which was divided into 7 layers of soil. Then each layer has a height of 10 cm which has been compacted with cylindrical concrete for 15 passes. After that, 2 rows of piles made of aluminium were plugged into the compacted soil according to Rc 88% with predetermined research variables. The diameter of the first row of piles is 3.2 cm with a distance between the centre of the pile 10 cm and the diameter of the second row is 2.0 cm with a distance between the centre of the pile 3 cm, 6cm, 8 cm and 10 cm. After the modelling is ready, a dial gauge is installed on the pile and gradually loaded using a hydraulic jack until the slope collapses for 3 readings This study aims to analyse the types of landslides in sand type slope modeling, determine the optimum distance between piles that can withstand landslides on the maximum material until the slope collapses and determine the slope safety value using 2D and 3D finite element methods. The results showed that the type of slope failure was the rotational type with the failure pattern in the slope plane. And the results of the analysis using FEM, it was found that the value of the safety number increased against the unreinforced, in the reinforcement of two rows of piles by 7.179% in the 2D FEM application and by 29.044% and in the 3D FEM application. For slopes with one row of pile reinforcement, the results obtained are 4.382% in 2D FEM applications and 1.485% in 3D FEM applications.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052307
Uncontrolled Keywords: Lereng, tanah, pasir, angka keamanan, pile, longsor-Slope, soil, sand, safety of factor, pile, landslide
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with email y13w@ub.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2024 07:16
Last Modified: 24 Jan 2024 07:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213680
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muchammad Nasyruddin Hakim.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (11MB)

Actions (login required)

View Item View Item