Perlindungan Hukum Bagi Perseroan Terbatas Yang Melakukan Penyelesaian Restrukturisasi Pembiayaan Oleh Bank Syariah Dengan Penyertaan Modal Sementara

Haikal, Muhammad and Dr. Siti Hamidah, S.H., M.M and Afrizal Mukti Wibowo, S.H., M.H (2023) Perlindungan Hukum Bagi Perseroan Terbatas Yang Melakukan Penyelesaian Restrukturisasi Pembiayaan Oleh Bank Syariah Dengan Penyertaan Modal Sementara. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini penulis mengangkat isu hukum mengenai ketidaklengkapan pengaturan tentang Perseroan Terbatas yang menyelesaikan restrukturisasi pembiayaan oleh bank syariah dengan penyertaan modal sementara. Dalam hal ini, Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 36 tahun 2017 tentang Prinsip Kehati-hatian dalam Penyertaan Modal dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 2 tahun 2022 tentang Penilaian Kualitas Aset Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah belum mengatur secara lengkap dan spesifik terkait konversi pembiayaan menjadi saham. Karena dalam hal Perseroan Terbatas yang ingin melakukan penyertaan modal sementara, ada beberapa risiko yang perlu diperhatikan untuk memastikan bahwa perusahaan secara hubungan hukum dan perlindungan hukum terpenuhi sepenuhnya secara konkret di dalam pelaksanaannya. Berdasarkan hal tersebut, dalam skripsi ini mengangkat 2 (dua) rumusan masalah: (1) Bagaimana hubungan hukum Perseroan Terbatas yang menyelesaikan restrukturisasi pembiayaan oleh Bank Syariah dengan penyertaan modal sementara? Dan (2) Bagaimana perlindungan hukum Perseroan Terbatas yang menyelesaikan restrukturisasi pembiayan oleh Bank Syariah dengan penyertaan modal sementara? Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis yuridis-normatif, di mana berdasarkan rumusan masalah dan tujuan yang diuraikan dalam penelitian ini, penulis mengguunakakn pendekatan yang teridir dari pendekatan Undang-Undang (Statue Approach), Pendekatan Komparatif (Comparative Approach), dan Pendekatan Konseptual (Conceptual Approach). Penulis melakukan analisis permasalahan dengan menggunakan bahan hukum primer, sekunder, serta tersier yang didapatkan oleh penulis dan akan dianalisis dengan menggunakan metode penafsiran gramatikal. Hasil penelitian dengan metode di atas adalah hubungan hukum antara bank syariah dan nasabah setelah melakukan penyertaan modal sementara merupakan hubungan hukum yang akan mengalami perubahan kembali. Hal ini disebabkan setelah metode restrukturisasi pembiayaan dengan penyertaan modal sementara akan merubah hak dan kewajiban antara bank syariah dengan nasabah. Dan perlindungan hukum perseroan terbatas yang menyelesaikan restrukturisasi pembiayaan oleh bank syariah dengan penyertaan modal sementara memiliki beberapa unsur yang mesti diperjelas kebermanfaatannya, kepastiannya dan keadilannya karena keputusan untuk merestrukturisasi pembiayaan dalam urgensi ekonomis yang ada pasti melibatkan evaluasi menyeluruh terhadap posisi keuangan perusahaan, kemampuan untuk memenuhi kewajiban yang ada, dan tujuan strategis perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052301
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 24 Jan 2024 03:14
Last Modified: 24 Jan 2024 03:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213509
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Haikal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item