Efektivitas Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek Dan Indikasi Geografis Terhadap Pendaftaran Merek Pada Industri Rumah Tangga Pasca Berlakunya Uu Cipta Kerja (Studi Lapang Di Kelurahan Salakan, Kecamatan Tinangkung Banggai Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah)

Srikandi Robiatul, Crushtyranny and Diah Pawestri Maharani,, S.H. and Zora Febriena Dwithia H.P, S.H., M.Kn. (2023) Efektivitas Pasal 3 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek Dan Indikasi Geografis Terhadap Pendaftaran Merek Pada Industri Rumah Tangga Pasca Berlakunya Uu Cipta Kerja (Studi Lapang Di Kelurahan Salakan, Kecamatan Tinangkung Banggai Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

alam skripsi ini penulis mengangkat permasalahan mengenai pendaftaran merek pada industri rumah tangga yang mana hingga saat ini belum diketahui masyarakat umum. Pilihan tema tersebut dilatar belakangi oleh adanya kurangnya pelaksanaan dari aturan mengenai merek pada industri rumah tangga pada UU Merek Nomor 20 Tahun 2016. Dalam hal ini pelaku industri rumah tangga di Kabupaten Banggai Kepulauan masih memiliki sedikit pengetahuan serta kesadaran akan hukum. Hal tersebut dapat mungkin terjadi disebabkan oleh kurangnya pengetahuan industri rumah tangga mengenai merek dan kurangnya informasi serta arahan tentang manfaat dari pendaftaran merek oleh pemerintah khususnya Dinas perindustrian, perdagangan, koperasi, dan UKM. Berdasarkan permasalahan diatas, karya tulis ini mengangkat rumusan masalah: (1) Bagaimana efektivitas Pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis terkait pendaftaran merek pada industri rumah tangga di Kelurahan Salakan, Kecamatan Tinangkung, Kabupaten Banggai Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah? (2) Apa hambatan dan upaya pada implementasi pendaftaran merek berdasarkan Pasal 3 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis pada industri rumah tangga di Kelurahan Salakan, Kecamatan Tinangkung Banggai Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah? Penulis menggunakan jenis penelitian Yuridis Empiris, metode pendekatan yang digunakan adalah penelelitian kualitatif, jenis dan sumber data terbagi menjadi jenis sumber primer dan sekunder, teknik yang digunakan dalam memperoleh data adalah wawancara dan studi kepustakaan, dan teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik deskripstif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang mana sesuai dengan rumusan masalah serta metode penelitian di atas, penulis menemukan jawaban permasalahan bahwa hingga saat ini pelaku industri rumah tangga di Kabupaten Banggai Kepulauan belum mengetahui pentingnya merek dan pendaftaranya dikarenakan tidak adanya sosialisasi dari pemerintah daerah setempat, sedangkan dari pihak pemerintah sendiri masih belum mengetahui tugas pokok dan fungsi masingmasing dinas setempat.

English Abstract

In this thesis, the author raises the issue of brand registration in the household industry which until now has not been known to the general public. The backgrounded selection is due to the lack of implementation of the rules regarding brand household industry in the Trademark Law Number 20 of 2016. In this case, the writer found out that household industry players in the Banggai Islands Regency still lack of knowledge and awareness of the law especially the brand registration. Those things are caused by the lack of knowledge from household industry players regarding trademark registration and the lack of guidance by the Office of Industry Trade, Small, and Medium Enterprises Cooperatives on the benefit and mechanism of trademark registration. Based on the above problems, this paper raises 2 (two) research questions: (1) How is the effectiveness of Article 3 of the Law of the Republic of Indonesia Number 20 of 2016 concerning Brands and Geographical Indications related to brand registration in the household industry in Salakan Village, Tinangkung District, Banggai Islands Regency, Central Sulawesi Province? (2) What are the obstacles and efforts on the implementation of trademark registration based on Articles 3 of the Law of the Republic of Indonesia Number 20 of 2016 concerning Brands and Geographical Indications in the household industry in Salakan Village, Tinangkung Banggai District, Central Sulawesi Province? The author uses empirical juridical research types, the approach method used is qualitative research, the types and sources of data are divided into primary and secondary types of sources, the techniques used in obtaining data are interviews and literature studies, and the data analysis techniques of this research use qualitative descriptive techniques. Based on the practical research above, the author found the reason why until now household industry players in the Banggai Islands Regency still do not know the importance of the brand and its registration is because the absence of socialization from the local government and the government itself still does not know the main duties and functions of each local agency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052301
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with username verry
Date Deposited: 23 Jan 2024 08:00
Last Modified: 23 Jan 2024 08:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213434
[thumbnail of Dalam Masa Embargo] Text (Dalam Masa Embargo)
Srikandi Robiatul Crushtyranny.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item