Efektivitas Pelayanan Perangkat Desa Akibat Rangkap Jabatan di Dalam Bumdes Sidorukun Menurut Pasal 51 Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Studi Kasus Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Sidorukun Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik)

Septiawan, Muhammad Faris and Dr. Iwan Permadi,, S.H., M.Hum and Amelia Ayu Paramitha,, S.H.,M.H. (2023) Efektivitas Pelayanan Perangkat Desa Akibat Rangkap Jabatan di Dalam Bumdes Sidorukun Menurut Pasal 51 Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Studi Kasus Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Sidorukun Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Desa mempunyai peran yang sangat penting dalam pembangunan nasional, perangkat desa merukan pegawai atau pejabat pelayanan publik yang mempunyai tugas serta tanggung jawab terhadap pelayanann kepada masyarakat serta membantu kepala desa dala menjalankan tugasnya. Salah satu program pemerintah dalam melakukan pembangunan nasional yakni pembentukan Bumdes yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian desa, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi desa. Dalam pengelolaan Bumdes di Desa Sidorukun mengalami ketidak sesuaian karena adanya rangkap jabatan, dimana rangkap jabatan tersebut mengakibatkan ketidak efektivan dalam pengelolaan Bumdes. Rumusan masalah dalam penelitia ini adalah bagaimana pelayanan perangkat desa terkait rangkap jabatan di Bumdes Sidorukun dan bagiaman efektivitas pelayanan di Desa Sidorukun. Metode penulisan dalam penelitian ini menggunakan penelitian Socio Legal. jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer, sekunder, tersier, teknik memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, dokumentasi, internet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052301
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with username ihwan
Date Deposited: 23 Jan 2024 07:33
Last Modified: 23 Jan 2024 07:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213413
[thumbnail of MASIH DALAM MASA EMBARGO] Text (MASIH DALAM MASA EMBARGO)
MUHAMMAD FARIS SEPTIAWAN.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item