Fabiola S., Theresia Amanda and Sunarti, Dr., S.Sos., MAB. (2022) Pengaruh Penerapan Experiential Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Mie Gacoan, Jalan Ciliwung, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pertumbuhan bisnis di bidang kuliner saat ini semakin berkembang pesat dan menyebar luas di seluruh wilayah Indonesia dikarenakan tingginya tingkat konsumsi masyarakat Indonesia. Hal ini menyebabkan adanya persaingan yang kompetitif diantara para pelaku bisnis kuliner dengan saling menerapkan strateginya masing-masing dalam membangun usaha kulinernya. Salah satu bisnis kuliner yang terkenal dan berkembang dengan pesat adalah Mie Gacoan. Mie Gacoan sendiri menerapkan beberapa strategi dalam membangun dan memperluas usaha kulinernya, salah satunya dengan menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan mengesankan bagi pelanggan dengan menerapkan faktor-faktor dari Experiential Marketing dengan harapan pelanggan merasa puas dan dapat melakukan pembelian berulang serta enggan untuk berpindah pada produk yang ditawarkan oleh pesaing. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan secara signifikan; (2) Mengetahui pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan secara signifikan; (3) Mengetahui pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan secara signifikan. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner kepada 115 responden pelanggan Mie Gacoan Cabang Ciliwung yang telah berusia minimal 17 tahun dan telah melakukan kunjungan dan pembelian produk Mie Gacoan Cabang Ciliwung minimal dua kali. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis stastistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Experiential Marketing memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan dengan nilai koefisien jalur (β) sebesar 0,709 dan probabilitas sebesar 0,000 (p<0,05); variabel Experiential Marketing memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan dengan nilai koefisien jalur (β) sebesar 0,317 dan probabilitas sebesar 0,001 (p<0,05); dan variabel Kepuasan Pelanggan memiliki pengaruh langsung dan signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan dengan nilai koefisien jalur (β) sebesar 0,449 dan probabilitas sebesar 0,000 (p < 0,05).
English Abstract
Business growth in the culinary field is currently growing rapidly and is spreading widely throughout Indonesia due to the high level of consumption of the Indonesian people. This causes a competitive competition among culinary business people by applying their respective strategies to each other in building their culinary business. One of the famous and rapidly growing culinary businesses is Mie Gacoan. Mie Gacoan itself implements several strategies in building and expanding its culinary business, one of which is by creating a pleasant and memorable experience for customers by applying the factors from Experiential Marketing in hope that customers are satisfied and can make repeat purchases and are reluctant to switch to the products offered by competitors. The aims of this study are (1) Knowing the significant effect of Experiential Marketing on Customers Satisfaction; (2) Knowing the significant effect of Experiential Marketing on Customer Loyalty; (3) Knowing the significant effect of Customer Satisfaction on Customer Loyalty. This type of research is explanatory research with a quantitative approach. The sampling technique used was purposive sampling and the data collection method was through the distribution of questionnaires to 115 customer respondents of Mie Gacoan Ciliwung branch who were at least 17 years old and had visited and purchased Mie Gacoan Ciliwung branch products at least twice. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis and path analysis The results of this study indicates that the Experiential Marketing variable has a direct and significant effect on the Customer Satisfaction variable with a path coefficient value (β) of 0.709 and a probability of 0.000 (p<0.05); Experiential Marketing variable has a direct and significant effect on Customer Loyalty variable with path coefficient value (β) of 0.317 and probability of 0.001 (p<0.05); and the Customer Satisfaction variable has a direct and significant effect on the Customer Loyalty variable with a path coefficient value (β) of 0.449 and a probability of 0.000 (p < 0.05).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052203 |
Uncontrolled Keywords: | EXPERIENTIAL MARKETING, KEPUASAN PELANGGAN, LOYALITAS PELANGGAN |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 08:18 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 08:18 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213357 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Theresia Amanda Fabiola S..pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |