Denius and Alies Poetri Lintangsari, S.S., M.Li. (2022) Increasing Critical Thinking Using Nominal Group Technique: A Classroom Action Research. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui penerapan Teknik Kelompok Nominal (TKN) dalam bahasa Inggris sebagai kelas Bahasa Asing. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diterapkan dalam satu kelas yang terdiri dari 25 siswa. Penelitian dilakukan sepenuhnya secara online karena pandemi covid-19. Implementasi TKN dilakukan dalam 2 siklus selama 4 pertemuan yang terdiri dari 2 pertemuan sinkron dalam siklus 1, dan 2 pertemuan asinkron dalam siklus 2. Kriteria Keberhasilan ditetapkan jika ada peningkatan yang signifikan dalam Kemampuan Berpikir Kritis mahasiswa. Pra dan pasca-tes diterapkan sebagai alat pengukuran. Ke-25 tersebut merupakan mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Bahasa, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya yang mengikuti mata kuliah Membaca Kritis (Critical Reading). Tes Berpikir Kritis dari Hari Penilaian diterapkan sebagai instrumen penelitian yang mengukur 5 Keterampilan Berpikir Kritis: Keterampilan Mengevaluasi Argumen, Pemikiran Deduktif, Pemikiran Induktif, Mengevaluasi Kesimpulan, dan Menafsirkan Informasi. Critical Thinking Test dilakukan 3 kali, yaitu pra-tes yang dilakukan sebelum penerapan TKN, pasca-tes 1 dilakukan setelah penerapan siklus 1, dan pasca-tes 2 yang dilakukan setelah penerapan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan TKN berhasil meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis mahasiswa yang ditunjukkan oleh hasil Tes Berpikir Kritis yang meningkat dari hasil pra-tes rata-rata M = 20,68 menjadi M = 23,34 di pasca-tes 1 dan secara signifikan meningkat menjadi M = 31,96 di pasca-tes 2.
English Abstract
This research aims at improving students' Critical Thinking Skills through the implementation of Nominal Group Technique (NGT) in English as a Foreign Language classroom. The Class Action Research (CAR) method was implemented in one class consisting of 25 students. The study was conducted fully online due to covid-19 pandemic. The NGT implementation was carried out in 2 cycles over 4 meetings consisting of 2 synchronous meetings in cycle 1, and 2 asynchronous meetings in cycle 2. The Success criteria are established on a significant improvement in the students' Critical Thinking Skills. Pre and Post-Tests are applied as a means of measurement. The 25 participants are students of the English Language Education Program, Language Education Department, Faculty of Cultural Studies, Brawijaya University who joined Critical Reading courses. A Critical Thinking Test from Assessment Day was applied as a research instrument measuring 5 Critical Thinking Skills consisting of The Skill of Evaluating Argument, Deductive Thinking, Inductive Thinking, Evaluating Conclusion, and Interpreting Information. Critical Thinking Test is carried out 3 times, namely Pre-Test conducted before the application of NGT, Post-Test 1 conducted after the application of cycle 1, and Post-Test 2 conducted after the application of cycle 2. The results showed that the application of NGT successfully improved students' Critical Thinking Skills demonstrated by Critical Thinking Test results that increased from an average Pre-Test result of M=20.68 to M=23.34 in Post-Test 1 and significantly increased to M=31.96 in Post-Test 2.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052212 |
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis, Pembelajar Bahasa Inggris Indonesia, Nominal Group Technique, Diskusi Daring |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 29 Jan 2024 08:17 |
Last Modified: | 29 Jan 2024 08:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213345 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Denius.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (1MB) |
Actions (login required)
View Item |