Hambatan Penyidik Kepolisian Dompu Dalam Penegakan Hukum Tindak Pidana Pencurian Dengan Pemberatan (Studi Kasus Di Polres Dompu)

Ichwanudin, Ichwanudin and Dr. Abdul Madjid, S.H., M.Hum and Ardi Ferdian, SH., M.Kn. (2023) Hambatan Penyidik Kepolisian Dompu Dalam Penegakan Hukum Tindak Pidana Pencurian Dengan Pemberatan (Studi Kasus Di Polres Dompu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini, penulis mengangkat permasalahan hukum yang dilatar belakangi oleh seringnya terjadi kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan diwilayah dompu. yang diketahui melalui data survey awal, bahwa banyaknya kasus tindak pidana yang dilaporkan ke kepolisian resort dompu namun hanya sedikit kasus yang sudah tuntas, dari tahun 2015 hingga 2020. Rumusan masalahnya sebagai berikut : (1) Apa sajakah Hambatan penyidik kepolisian dompu dalam penegakan hukum tindak pidana pencurian dengan pemberatan di kabupaten dompu? (2) Solusi yang dilakukan untuk menanggulangi hambatan-hambatan penyidik dompu dalam penegakan tindak pidana pencurian dengan pemberatan? Skripsi ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris dengan pendekatan sosiologi hukum dan antropologi hukum. Data hukum penulis dapatkan menggunakan teknik wawancara dan observasi di Polres dompu. Data tersebut penulis analisis kembali guna menarik sebuah kesimpulan untuk penelitian ini. Dari hasil penelitian dengan metode diatas, penulis memperoleh jawaban atas permasalahan yang diteliti. Bahwa terdapat beberapa hambatan yang mempengaruhi efektifitas penyidik kepolisian dalam penegakan hukum tindak pidana pencurian dengan pemberatan di wilayah hukum kabupaten dompu, hambatan-hambatan tersebut ada yang berasal dari internal kepolisian dan ada juga yang berasal eksternal kepolisian. Kemudian penelitian ini juga berusaha untuk memberikan solusi guna membantu menanggulangi hambatan-hambatan yang dihadapi penyidik agar fungsi memberikan keamanan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

English Abstract

This research studies the legal issue regarding theft cases with aggravation in Dompu. There have been related-criminal cases reported to the Sub-Regional Police of Dompu but only a small number of cases had been settled from 2015 to 2020. This research investigates: (1) what factors are hindering the police of Dompu in the inquiry into the theft cases with aggravation in the Regency of Dompu and (2) what solutions can be given to resolve the hampering factors in the inquiry. This research employed an empirical-juridical method and socio-legal and legal anthropological approaches. Research data were obtained from interviews and observation in the Sub-Regional Police Department of Dompu and they were analyzed to draw a conclusion. The research reveals that internal and external factors hamper the effectiveness of the inquiry into theft cases with aggravation within the Regency of Dompu. This research also aims to give solutions to the hindering factors to ensure that inquiry can take place accordingly

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052301
Uncontrolled Keywords: Dompu, Curat, Efektifitas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Samuri
Date Deposited: 23 Jan 2024 03:58
Last Modified: 23 Jan 2024 03:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213330
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ichwan Iren.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (8MB)

Actions (login required)

View Item View Item