Pengaruh Pemanfaatan Pakan Konvensional Terhadap Konsumsi Pakan, Produksi Telur, Bobot Telur, Dan Konversi Pakan Pada Burung Puyuh

Farhan Hamid Ramadhan, Muhamad and Dr. Ir. Edhy Sudjarwo, MS (2023) Pengaruh Pemanfaatan Pakan Konvensional Terhadap Konsumsi Pakan, Produksi Telur, Bobot Telur, Dan Konversi Pakan Pada Burung Puyuh. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Burung puyuh adalah ternak yang dapat menghasilkan sumber protein hewani dan salah satu ternak yang diminati untuk dipelihara oleh masyarakat. Produksi burung puyuh di umur 40-45 hari dapat mencapai 250-300 butir telur per tahunnya. Keberhasilan dalam beternak burung puyuh didorong oleh beberapa faktor yaitu manajemen, bibit, dan pakan. Pakan merupakan faktor penting dalam pemenuhan nutrisi burung puyuh. Pakan komersial menjadi unggulan peternak dalam memilih pakan berdasarkan kemudahan mendapatkan, standar mutu pakan, dan kandungan nutrisi. Kandungan nutrisi yang berbeda pada setiap merek tidak menutup kemungkinan memiliki respon yang berbeda terhadap pemberian pakan komersial yang berbeda. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2022-15 Februari 2023 di peternakan milik Bapak Samsul Jl. Taman Nudiharjo, RT.18 RW.06, Dusun Bunder, Desa Ampeldento, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruhv pemberian berbagai macam merek pakan komersial terhadap konsumsi pakan, produksi telur, bobot telur, serta konversi pakan yang dihasilkan oleh burung puyuh. Materi penelitian adalah jenis burung puyuh Bangkok betina sebanyak 100 ekor berumur 7 hari, unit percobaan dengan ukuran 50×50×15 cm/unit, tempat makan dan minum, lampu, timbangan digital, thermometer, hygrometer, 1 rol plastik, plastik klip, kawat ram dan ember, dengan empat merek pakan komersial yang berbeda. Metode penelitian yang digunakan yaitu percobaan lapang dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) 4 perlakuan dan 5 ulangan yang setiap unit percobaan diisi dengan 5 ekor burung puyuh. Data dianalisis dengan Analysis of Variance (ANOVA), apabila terdapat perbedaan maka dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan pemberian pakan komersial dengan merek yang berbeda memberikan pengaruh yang tidak nyata (P>0,05) terhadap konsumsi pakan, produksi telur, bobot telur, dan konversi pakan pada burung puyuh. Hasil rataan konsumsi pakan 25,33-26,79 g/ekor/hari, produksi telur 50,29-62,10%, bobot telur 11,10-11,32 g dan konversi pakan 2,27-2,40. Pemberian pakan komersial yang berbeda belum memberikan peningkatan maupun penurunan pada konsumsi pakan, produksi telur, bobot telur, dan konversi pakan pada burung puyuh. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, semua pakan memiliki pengaruh yang tidak berbeda pada konsumsi pakan, produksi telur, bobot telur, dan konversi pakan, maka peternak dapat memilih menggunakan pakan komersial merek I, merek II, merek III, ataupun merek IV.

English Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of feeding quail with different brands of commercial feed on feed consumption, egg production, egg weight, and feed conversion. The research material used was 100 female Bangkok Quails (DOQ), 7 days old. The research method used a field experiment with a Completely Randomized Design (CRD) with 4 treatments and 5 replications. The treatment in this study was the provision of commercial feed with different feed brands, consisting of P1 (brand 1), P2 (brand 2), P3 (brand 3), and P4 (brand 4). Variables in the study included feed consumption, egg production, egg weight, and feed conversion. Data analysis was performed using Analysis of Variance (ANOVA). The results showed that the provision of commercial feed with different brands had no significant effect (P>0.05) on feed consumption, egg production, egg weight, and feed conversion in quail. Feed consumption in this study ranged from 25.33 - 26.79 g/head/day. The research egg production was between 50.29 - 62.10%. The weight of the eggs produced in this studyv ranged from 11.10 - 11.32 g/egg, and the feed conversion in this study was between 2.27 - 2.40. Based on the research that has been done, giving different brands of commercial feed has no effect on the performance of quail production, so breeders can choose to use brand I, brand II, brand III, or brand IV feed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052305
Uncontrolled Keywords: quail, commercial feed, feed consumption, egg production, egg weight, feed conversion.
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Annisti Nurul F
Date Deposited: 23 Jan 2024 04:06
Last Modified: 23 Jan 2024 04:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213310
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhamad Farhan Hamid Ramadhan.PDF
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item