Analisis Deiksis Tokoh 阿和 Ā Hé & 阿文 Ā-Wén Dalam Film《阳光普照》Yánguāng Pǔzhào / A Sun Karya 鍾孟宏 Zhōng Mèng-Hóng

Wayindra, Astrid Cattleya Maharani and Diah Ayu Wulan, S.S., M.Pd. (2022) Analisis Deiksis Tokoh 阿和 Ā Hé & 阿文 Ā-Wén Dalam Film《阳光普照》Yánguāng Pǔzhào / A Sun Karya 鍾孟宏 Zhōng Mèng-Hóng. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa merupakan hal dasar untuk menyampaikan perasaan ataupun mengutarakan pendapat kepada seseorang. Dalam kehidupan sehari -hari bahasa dapat menciptakan interaksi sosial yang diucapkan penutur terhadap lawan tuturnya. Kalimat yang diucapkan oleh penutur dalam kehidupan sehari-hari memiliki makna yang sesuai dengan konteksnya, sehingga lawan penutur dapat memahami suatu kalimat yang telah diucapkan. pada kajian pragmatik ilmu yang membahas mengenai pemaknaan kalimat dari suatu bahasa disebut deiksis. Penelitian ini membahas deiksis tokoh 阿和 Ā Hé & 阿文 Ā-Wén yang terdapat dalam film《阳光普照》yánguāng pǔzhào / A Sun karya 鍾孟宏Zhōng Mèng-hóng dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Setelah dilakukan penelitian, ditemukan sebanyak 102 data yang merujuk kepada deiksis, yaitu 84 data deiksis persona, 5 data deiksis tempat, 5 deiksis waktu, 3 deiksis wacana dan 5 data deiksis sosial.

Other obstract

语言是向某人传达感情或表达意见的基本方式。 在日常生活中,语言可以创造出由说话者向对话者说出的社交互动。说话者在日常生活中所说的句子有与上下文相符的含义,说话者在日常生活中所说的句子有与上下文相符的含义,以便说话者的对方能够理解已经说过的句子。在语用学领域,从语言中讨论句子意义的科学被称为指示语。本研究采用定性描述的方法,讨论电影《阳光普照》中阿和与阿文人物角色使用的指示语。作者发现,本研究具有102 条指示语的数据,被分为:84个人称指示的数据,5个空间指示的数据,5 个的时间指示的数据,语篇指示数据3个,以及5个社交指示的数据。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052212
Uncontrolled Keywords: bahasa, deiksis, pragmatik
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Cina
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Jan 2024 07:28
Last Modified: 29 Jan 2024 07:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213296
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Astrid Cattleya Maharani Wayindra.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2024.

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item