Kualitas Telur Asin Yang Beredar Di Pasar Kota Kediri Ditinjau Dari Kadar Garam, Kadar Air, Aw Dan Nilai Ph

Handoyo, Farras Laksono Putro and Dr. Ir Imam Thohari dan Dr. Ir. Herly Evanuarini,, S.Pt., MP., (2023) Kualitas Telur Asin Yang Beredar Di Pasar Kota Kediri Ditinjau Dari Kadar Garam, Kadar Air, Aw Dan Nilai Ph. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Telur merupakan bahan pangan yang berasal dari unggas dan memiliki kandungan gizi tinggi untuk tubuh manusia. Telur yang tidak diolah lebih lanjut dapat mengakibatkan kerusakan telur sehingga diperlukan suatu penanganan dalam memperpanjang masa simpan telur salah satunya adalah dengan pengasinan. Telur asin merupakan salah satu produk awetan telur yang diproduksi dengan teknik pengasinan. Telur asin ini mampu memperpanjang masa simpan dan juga meningkatkan nilai telur. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil akhir dari telur asin diantaranya adalah proses atau metode pengasinan, dan juga jenis garam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas telur asin di pasar kota Kediri dari segi kadar garam, kadar air, aktivitas air, dan pH. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Februari 2023. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Hasil Ternak, Fakultas Peternakan, Universitas Brawijaya dan Laboratorium Universitas Muhammadiyah Malang untuk pengujian kadar garam, kadar air, Aw, dan pH. Materi penelitian yang digunakan adalah telur asin yang didapatkan dari 3 pedagang telur asin di pasar kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode purposive sampling dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 4 kali ulangan dan 3 kelompok. Kelompok tersebut adalah pasar Mrican, pasar St. Betek, dan pasar Bandar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis ragam (ANOVA) dan apabila terdapat perbedaan pengaruh yang nyata dan sangat nyata dilanjutkan menggunakan Uji Jarak Berganda Duncan (UJBD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat nyata (P<0,01) terhadap nilai kadar garam, kadar air, Aw, dan pH pada telur asin. Nilai rataan kadar garam berkisar antara 3,36 – 3,98, rataan kadar air antara 38,73 – 47,32, rataan Aw antara 0,86 – 0,92 dan nilai pH antara 7,38 – 7,85. Kesimpulan penelitian ini adalah telur asin yang beredar di pasar tradisional kota Kediri kualitasnya cukup bagus ditinjau dari kadar garam, kadar air, Aw dan nilai pH. Saran dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk penelitian lanjutan dianalisa mengenai masa simpan telur asin.

English Abstract

The objective of this research was to determine the information about the quality of salted duck egg at Kediri Tradisional Market based on salt content, moisture content, Aw, and pH. The material used were salted duck egg at 3 different seller/merchants. The research method is purposive sampling and experimental laboratory using a Randomized Group Design with 4 replications. The data was analyzed using ANOVA and if there were significant effects in each treatment it will be continued by using Duncan’s Multiples Range Test (DMRT). Salted duck egg were purchased at traditional market Mrican, Setono Betek, and Bandar. The result showed that different salted duck egg at 3 different seller/merchants gave highly significant effect (P<0.01) based on salt content, moisture content, Aw, and pH. Interpretation of salt content are 2.36 – 3.98, moisture content 38.73 – 47.32, Aw 0.86 – 0.92 and pH 7.38 – 7.85. It could be concluded that the salted egg from three traditional market in Kediri is good quality based on salt content, moisture content, Aw and pH. Further analysis are needed in shelf life of salted duck egg.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052305
Uncontrolled Keywords: Salted duck egg, quality, traditional market
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 23 Jan 2024 02:20
Last Modified: 23 Jan 2024 02:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213241
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
FARRAS LAKSONO P H.pdf
Restricted to Registered users only until 31 December 2025.

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item