Fitria, Annisa Laili and Istiqomah Wulandari, S.Pd., M.Ed. (2022) Multimodal Discourse Analysis of Tokopedia 2021 W.I.B (Waktu Indonesia Belanja) Event Advertisement. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Analisis wacana adalah studi tentang penggunaan bahasa di luar tataran kalimat. Multimodalitas dalam periklanan menyarankan penggunaan mode komunikatif yang berbeda dalam satu iklan. Tokopedia membuat iklan yang menarik sebagai bagian dari komitmennya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari sekaligus memberikan pengalaman berbelanja yang seru dan menghibur acara yang menampilkan penampilan brand ambassador Tokopedia BANGTAN SONYEONDAN (BTS) sedang trending di media sosial di seluruh dunia. Penulis melakukan penelitian ini untuk menemukan bagaimana sumber-sumber semiotik diintegrasikan dan digunakan dalam iklan untuk menarik dan beresonansi dengan pelanggan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif karena data penelitian ini berupa teks-teks khususnya wacana iklan. Sumber data dalam penelitian ini adalah video yang dipublikasikan pada bulan September-Desember 2021 pada saat Event W.I.B 2021. Ini adalah video sekitar 46 detik. Data dalam penelitian ini adalah 7 gambar screen-capture yang diambil dari video Ada dua masalah yang akan dipecahkan dalam penelitian ini, : (1) Bagaimana sumber semiotika bekerja sama untuk menciptakan makna dari Tokopedia (W.I.B) Indonesia Time Shopping Event 2021 iklan? ; (2) Bagaimana sumber daya semiotik menarik dan beresonansi dengan pelanggan? Dan diteliti menggunakan teori Kress dan Van Leeuwen tentang tata bahasa visual dan linguistik fungsional sistemik. Hasil penelitian ini menemukan bahwa ada korelasi antara sistem semiotik dan korelasi sistem semiotik yang terintegrasi secara interaktif dan juga menunjukkan bahwa iklan tersebut berhasil menarik dan beresonansi kepada pelanggan karena menurut laporan iPrice Grup, Tokopedia memiliki rata-rata kunjungan bulanan 65.953.400, mengamankan 25% dari total pangsa pasar setelah iklan dirilis. Bagi peneliti selanjutnya yang ingin melakukan penelitian dengan topik yang sama disarankan untuk memasukkan lebih banyak data dan menggunakan objek yang berbeda seperti film dan lagu dari berbagai sumber. Disarankan juga kepada peneliti berikutnya untuk membandingkan lebih banyak iklan untuk menentukan perbedaan jenis iklan tertentu dari yang lain dalam hal bahasa dan untuk memberikan pembaca banyak pengetahuan yang berguna dalam memahami sebuah wacana.
English Abstract
Discourse analysis is the study of language use beyond the level of sentences. Multimodality in advertising suggests the use of different communicative modes in a single advertisement. Tokopedia made an interesting advertisement as part of their commitment to providing convenience for Indonesians in fulfilling their essential daily needs while also providing an exciting and entertaining shopping experience the event that featured an appearance by Tokopedia's brand ambassador BANGTAN SONYEONDAN (BTS) was trending on social media worldwides. The writer conducted this research to find how is the semiotic resources integrating and use in the advertisement to appeal and resonate with the customer. This study used qualitative research because the data of this research are in form of texts especially the discourse of advertisement. The data source in this research is a video published at Septermber-December 2021 during the W.I.B 2021 Event. It is an approximately 46 seconds video. The data in this research are 7 screen-captured images taken from the video There are two problems to be solved in the study, : (1) How do semiotic resources work together to create the meaning of 2021 Tokopedia (W.I.B) Waktu Indonesia Belanja Event advertisement? ; (2) How does the semiotic resources appeal to and resonate with the customers? And being examined using Kress and Van Leeuwen theory of visual grammar and systemic functional linguistic. The result of this research found that there was a correlation between the semiotic resources and the correlation of the semiotic system is integrating in a interactive way and it also shows that the advertisement is successfully appealing and resonate to the customers because according to a report by iPrice Group, Tokopedia has an average monthly visitation of 65,953,400, securing 25% of the total market share after the advertisement is being released. For the next researchers, who want to conduct a study on a similar topic is suggested to include more data and use different objects such as movies and songs from various sources. It is also suggested that the next researcher compare more advertisements to determine how different certain types of advertisements are from others in terms of language and to provide the reader with a wealth of useful knowledge in understanding a discourse.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052212 |
Uncontrolled Keywords: | Multimodal, Analisis Wacana, Iklan, Tokopedia 2021 W.I.B Event |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 08:03 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 08:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/213228 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Annisa Laili Fitria.pdf Restricted to Registered users only until 31 December 2024. Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |